Tips Belanja Online Aman

Ilustrasi bisnis online atau belanja online
Sumber :
  • iStock
VIVAlife - Kemudahan dalam belanja memang tidak bisa dipungkiri menjadi daya tarik yang sangat besar. Cukup klik, barang sudah ada di rumah Anda. Tapi ingat ada risiko dalam belanja di internet yang perlu diwaspadai.
Kronologi Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal Dunia saat Jalani Seleksi Paskibra

Kejahatan di internet sudah semakin banyak terjadi, banyak kasus juga yang menimpa para selebritis. Untuk menghindarinya Anda perlu tahu cara bertransaksi aman dalam melakukan pembelian.
Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

Sudah banyak website belanja yang terpercaya saat ini, dan website tersebut juga memberikan keamanan bagi para konsumennya. Bagaimana, bila Anda belanja dengan website yang belum terpercaya.
2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Berikut, beberapa tips untuk belanja aman menggunakan online di internet.

Banyak website memberikan kemudahan dalam pembayaran seperti metode pembayaran dengan cara Cash on Delivery (COD), atau bayar di tempat, transfer bank, dan kartu kredit.

Untuk metode COD merupakan yang paling aman dalam bertransaksi, karena Anda hanya membayar, ketika barang sampai dirumah. Sedangkan untuk transfer bank dan kartu kredit membutuhkan kewaspadaan dalam bertransaksi. 

Contohnya di website Zalora memberikan keyakinan bahwa sistem pembayaran Zalora memiliki sertifikasi 128-bit SSL (Secure Socket Layer) Security Encryption Certification yang diberikan oleh GoDaddy.

Website belanja lain seperti Lazada juga memberikan keamanan dengan teknologi 128-bit SSL, saat memproses rincian keuangan Anda. Pihak Lazada mengklaim bahwa penggunaan teknologi ini membutuhkan waktu sekurang-kurangnya satu triliun tahun untuk dipecahkan, dan merupakan standar dalam industri.   

Walaupun Anda sudah memiliki website terpercaya, tetapi kewaspadaan juga harus dijaga dalam bertransaksi. Seperti jangan memberikan nomor pribadi kartu ke siapa pun, catat setiap transaksi pembelian barang, dan jangan meng-klik iklan menggiurkan yang tiba-tiba hadir di layar yang bisa merugikan Anda. 

Bila ada transaksi mencurigakan yang keluar dari tagihan kartu kredit Anda, solusi pertama yang bisa dilakukan adalah menginformasikan ke bank pemberi kartu Anda untuk di blokir.

Catatan transaksi Anda akan diperlukan ketika hal ini terjadi, karena Anda dapat mengetahui barang yang di beli dan yang tidak di beli dari catatan tersebut. Mulai sekarang lakukan langkah-langkah yang bisa melindungi Anda dari hal-hal yang merugikan. Selamat Hari Belanja Online Nasional. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya