7 Solusi Menidurkan Bayi Ketika Liburan

Ibu dan bayi.
Sumber :
  • istockphoto
VIVAlife - Memiliki buah hati yang masih bayi atau balita tak perlu lagi menjadi alasan untuk menunda liburan Anda dan pasangan. Memang dibutuhkan banyak persiapan dan tenaga untuk membawa serta bayi Anda saat liburan. 
Survei LSI: Mayoritas Rakyat Percaya Kejagung Bakal Usut Tuntas Kasus Korupsi Rp 271 T

Perjalanan udara, darat atau laut, lingkungan baru serta hal-hal yang menyenangkan dapat membuat si kecil rewel dan sulit tidur. Namun, dengan sedikit perencanaan, konsistensi dan fleksibilitas, Anda mampu membantu mereka untuk tetap mendapatkan tidur yang mereka butuhkan selama waktu liburan.
Justin Hubner Jadi Cadangan, Ini Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 Vs Australia

Berikut ini adalah beberapa solusi agar bayi mendapatkan waktu tidur yang ia butuhkan ketika traveling bersama seperti yang dilansir dari Fox News.
Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 Vs Australia U-23, Nathan Tjoe-A-On Jadi Starter

Persiapkan mereka

Dengan tidur yang cukup, bayi Anda akan beradaptasi dengan baik terhadap perubahan jadwal dan lingkungan baru. Untuk itu, buatlah jadwal untuk bayi Anda setidaknya seminggu sebelum berangkat liburan. Jadwal  berisi jam berapa mereka harus bangun, tidur, makan atau minum susu.

Pilih waktu perjalanan yang tepat

Salah satu cara terbaik untuk berlibur bersama bayi yang nyaman dan bebas stres adalah memesan penerbangan di siang hari. Di waktu ini, mereka akan menghabiskan waktu di penerbangan dengan tidur siang. Selain itu, banyak dokter yang menyarankan untuk menidurkan buah hati 30 menit lebih awal di malam hari beberapa hari sebelum liburan.

Atur jam internal bayi Anda

Sinar matahari di pagi hari membantu mengatur jam biologis tubuh bayi Anda. Hal ini juga dapat membantu produksi melatonin sehingga bayi Anda akan tidur lebih baik di malam hari. Mematikan lampu kamar saat tidur juga membuat tubuh memproduksi tingkat melatonin yang lebih tinggi.

Luangkan waktu untuk tidur siang

Tidur siang adalah kunci agar buah hati Anda tidur tepat waktu di malam hari. Biasanya setelah bangun dari tidur siang, anak akan merasa segar di sore hari menjelang malam dan mereka akan tidur tepat waktu beberapa jam kemudian tanpa rewel sama sekali. Untuk itu, apapun aktivitas Anda dan keluarga di siang hari saat liburan, tidur siang bayi Anda harus menjadi prioritas utama.

Ikuti ritual tidur seperti biasa

Jika anak Anda terbiasa tidur setelah mandi, dibacakan buku cerita dan dinyanyikan lagu pengantar tidur, maka hal-hal tadi pula lah yang harus Anda lakukan ketika traveling bersamanya. Melakukan ritual tidur seperti yang biasa dilakukan di rumah adalah cara terbaik untuk menidurkan anak saat traveling.

Bawa barang kesayangan

Bawalah sesuatu yang familiar di mata buah hati Anda seperti musik favorit, boneka, bantal, mainan, lampu atau selimut. Alat yang dinamakan white noise yang dapat meredam kebisingan di luar dan membantu bayi tidur nyenyak juga bisa Anda gunakan. 

Minta bantuan 

Menjaga jadwal tidur anak ketika liburan mungkin menjadi lebih sulit ketika ada anggota keluarga yang ingin bermain dengan mereka. Terlebih lagi, bayi yang lelah dan rewel akan lebih sulit tidur. Untuk itu, beri pengertian dan minta bantuan kepada anggota keluarga untuk membantu menjaga rutinitas tidur si kecil agar momen liburan menjadi lebih menyenangkan.

Baca juga:





Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya