5 Alasan Bayi Harus Punya Tempat Tidur Sendiri

Ilustrasi Bayi
Sumber :
  • Instagram

VIVAlife - Membiarkan bayi tidur sendiri atau satu tempat tidur dengan orangtua sering jadi perdebatan pasangan. Sebagian besar mengatakan bahwa membiarkan anak tidur secara terpisah adalah ide yang terbaik untuk membuat mereka mandiri dan percaya diri.

Tapi, bayi yang tidur di tempat tidur sendiri memiliki banyak kelebihan dan kekurangan. Ingatlah, pertimbangkan pilihan ini sebelum membuat keputusan.

Hal berikutnya yang perlu dipertimbangkan adalah usia ketika bayi siap untuk tidur sendiri. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa anak harus tidur di tempat tidur mereka sendiri seperti dilansir Boldsky.

Sudden Infant Death Syndrome (SIDS)

SIDS atau yang disebut sindrom kematian mendadak pada bayi jadi salah satu alasan utama mengapa si sebaiknya tidur di tempat tidurnya sendiri. Angka kasus ini terbilang sangat tinggi, terutama di kalangan bayi ketika mereka tidur dengan orang dewasa. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan SIDS, mulai dari selimut, bantal hingga kasur dan bahkan tangan Anda.

Menenangkan

Ketika anak tidur di tempat tidur sendiri, mereka memiliki waktu untuk menenangkan diri sendiri. Sedangkan ketika tidur dengan orangtua, mereka akan selalu melihat orangtua untuk menenangkan diri dan kembali tidur.

Meningkatkan kepercayaan diri

Ini adalah salah satu alasan mengapa tidur di tempat tidur sendiri dibutuhkan oleh seorang bayi. Mereka jatuh tertidur dalam waktu singkat tanpa harus selalu mencari kehadiran orangtua. Namun, pastikan keselamatan dan keamanan mereka sebelum meninggalkan mereka untuk tidur sendiri.

Keintiman

Ketika Anda dan buah hati tidur terpisah, kemungkinannya adalah keintiman Anda dan si kecil akan berkurang. Namun, Anda perlu menyadari bahwa saat anak tumbuh dewasa, mereka harus menghabiskan waktu jauh dari orangtua.

Hubungan Anda dan pasangan

Sulit untuk memiliki waktu pribadi bersama pasangan ketika Anda tidur bersama si kecil dalam satu tempat tidur. Ini adalah salah satu alasan mengapa anakĀ  harus tidur di tempat tidur mereka sendiri. Ketika bayi berusia 4 sampai 6 minggu, Anda dapat memastikan mereka memiliki tempat tidur mereka sendiri. Anda juga dapat menjaga sang buah hati selama 5 sampai 6 bulan di tempat tidur Anda dan kemudian memindahkannya ke tempat tidur bayi.

Baca Juga:

Jaga Toko Kue Sendirian, Pegawai Wanita Ini Jadi Korban Tindakan Asusila
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Mantan PM Inggris Tony Blair

Bertemu Tony Blair, Menko Airlangga Bahas Inklusivitas Keuangan Hingga Stabilitas Geopolitik

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan mantan Perdana Menterin (PM) Inggris Tony Blair melakukan pertemuan di Kantor Kemenko Perekonomian.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024