Studi: Berat Badan Cenderung Naik di Akhir Pekan

Ilustrasi diet
Sumber :

VIVAlife - Anda selalu mengawasi berat badan secara rutin? Jika tidak, Anda mungkin harus mulai melakukannya dari sekarang. Ini karena tanpa disadari berat badan akan terus bertambah terutama jika Anda gemar menghabiskan waktu akhir pekan untuk pergi ke luar rumah.

Hal tersebut terungkap dalam sebuah studi yang belum lama ini dilakukan. Studi yang dilakukan peneliti dari VTT Technical Research Centre Finlandia dan Tampere University of Technology tersebut menunjukkan, umumnya orang mengalami penurunan berat badan saat weekdays atau hari kerja dan berat badan kembali meningkat pada akhir pekan.

Seperti dilansir Times of India, menurut Brian Wansink, peneliti dari Cornell University, orang memiliki lebih banyak waktu untuk pergi keluar dan makan di luar rumah.

"Beberapa orang memanjakan diri mereka selama akhir pekan dan tidak menyadari ketika berat badannya bertambah. Namun, jika Anda mengetahui siklus penurunan berat badan dalam seminggu di hari kerja, Anda dapat menjadikannya solusi agar mampu menjaga berat badan ideal," jelas Brian.

Studi yang melibatkan 80 orang dewasa di kelompok usia 25-62 tahun itu juga menemukan bahwa orang bertubuh kurus atau langsing cenderung lebih banyak menurunkan berat badan selama hari kerja.

Hal itu diketahui karena peneliti membagi para relawan studi ke dalam tiga kategori sesuai dengan perubahan berat badan relatif mereka yaitu orang lebih mudah mengalami penurunan berat badan, orang yang cenderung menaikkan berat badan dan orang yang mampu mengelola berat badan mereka.

Seluruh relawan diminta menimbang berat badan setiap hari setelah bangun tidur sebelum sarapan. Tujuan utama dari studi ini untuk mengamati apakah fluktuasi berat badan tergantung pada hari dalam seminggu.

Hasilnya, studi menunjukkan pola yang jelas dalam fluktuasi berat badan mingguan dengan berat badan yang lebih tinggi setelah akhir pekan dan adanya penurunan berat badan selama hari kerja mencapai titik terendah pada hari Jumat.

Para peneliti juga menemukan sejumlah perbedaan setelah melihat data-data. Mereka yang berada di kategori mudah mengalami penurunan berat badan ternyata memulai penurunan berat badan segera setelah akhir pekan berakhir dan terus menurun hingga hari Jumat.

Sedangkan mereka yang cenderung mudah mengalami peningkatkan berat badan cenderung tidak mengalami banyak penurunan selama hari kerja.

Cara Nadia Mulya Turunkan Bobot Tubuh Pasca Melahirkan
Mengecilkan perut.

Tips Mudah Pangkas Bobot Tubuh 5 Kilo Satu Bulan

Setelah makan malam Anda dapat melakukan beberapa latihan ringan.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2016