Asupan yang membuat Tubuh Anda sehat

Mengonsumsi makanan sehat.
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Setiap orang pasti memiliki resolusi tahun baru masing-masing. Sebagian orang menginginkan kesuksesan, sebagian lagi berharap dapat menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga.

Alasan Harus Makan Pisang Lebih Banyak

Ada pula yang ingin mengunjungi destinasi wisata impian mereka. Namun, di antara berbagai resolusi tahun baru, kesehatan menjadi yang tak akan dilewatkan siapapun.

Menjaga kesehatan tubuh dimulai dari diri sendiri. Apa yang Anda konsumsi memiliki peranan besar dalam menentukan kesehatan Anda. Di tahun 2015 ini sudah saatnya Anda mengubah kebiasaan makan Anda sehari-hari.

Berikut ini adalah lima hal yang patut Anda lakukan untuk mendapatkan tubuh yang jauh lebih sehat seperti yang dilansir dari Huffington Post.

Asupan makan seimbang

Jangan hanya mengonsumsi makanan yang terdiri dari karbohidrat dan lemak. Setiap porsi makanan Anda dalam sehari harus lah seimbang yang terdiri dari beberapa jenis makanan.

Makanan Sehat Ini Ternyata Tidak Aman Bagi Tubuh

Selain itu, perbanyak asupan buah dan sayur setidaknya lima porsi dalam sehari karena mampu menurunkan risiko berbagai penyakit kronis termasuk penyakit jantung, stroke dan kanker.

Perbanyak minum air putih

Menurut sebuah studi yang pernah dilakukan American Journal of Clinical Nutrition, orang-orang yang mendapatkan banyak asupan cairan harian mereka dari air putih cenderung memiliki pola makan yang lebih sehat secara keseluruhan. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, air putih juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan membatasi nafsu makan dan meningkatkan metabolisme.

Sebuah studi lain bahkan pernah menemukan bahwa orang yang minum sekitar tujuh gelas air sehari makan hampir 200 kalori lebih sedikit setiap hari dibandingkan dengan mereka yang memiliki asupan air putih yang rendah.

Pilih whole grain

Kini sudah saatnya Anda memilih makanan-makanan whole grain yang memberikan sederet manfaat kesehatan bagi tubuh Anda. Sebagai informasi, whole grain sendiri merupakan sebutan bagi produk makanan yang menggunakan biji-biji serelia utuh minimal 51 persen dari seluruh bahan baku, contohnya gandum, oat, nasi merah, quinoa dan masih banyak lagi.

Banyak studi yang menunjukkan bahwa asupan whole grain yang tinggi mampu menurunkankan risiko terserang penyakit jantung, stroke, kanker, diabetes dan obesitas.

Hal tersebut karena produk makanan whole grain mengandung serat yang sangat tinggi sehingga membantu Anda merasa kenyang lebih lama, menunda datangnya rasa lapar, mengatur gula darah serta menjaga tingkat insulin tubuh.

Batasi asupan gula
 
Menurut American Heart Association, batas asupan gula dalam sehari adalah tidak lebih dari 6 sendok teh bagi wanita dan 9 sendok teh bagi pria. Tak perlu bingung bagaimana cara mengurangi asupan gula. Anda dapat mulai dengan menghindari makanan dan minuman manis seperti permen, kue, minuman kemasan hingga yogurt yang biasa Anda beli di supermarket.

Anda harus menjadi konsumen yang cerdas. Baca dan tanyakan bahan-bahan yang terkandung di dalam produk makanan atau minuman yang Anda beli.

Catat setiap makanan dan minuman yang Anda konsumsi


Salah satu resolusi tahun baru yang terbaik ialah meningkatkan kesadaran makan Anda dan mengubah kebiasaan makan menjadi lebih sehat. Cara mengetahuinya adalah dengan memiliki jurnal makanan untuk mengetahui apakah asupan makanan sehari-hari Anda telah berubah menjadi lebih sehat.

Baca juga:

Mencicipi Lumpia Sayur Saus Thailand, Lezat dan Menyehatkan
 Tim senam Amerika Serikat di Olimpiade Rio de Janeiro,Brasil

Terungkap, Menu Makanan Para Juara Olimpiade

Jangan kaget dengan banyaknya kalori yang mereka konsumsi setiap hari.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016