Suka Menolong, Wanita Inggris Ini Bisa Capai Usia 112 Tahun

Ilustrasi tangan ibu dan anaknya.
Sumber :
  • istock
VIVAlife –
Nenek 99 Tahun Masih Aktif Jadi Instruktur Aerobik
Setiap orang pasti ingin berumur panjang seperti halnya wanita renta bernama Gladys Hooper. Ia baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 112. Ia dinyatakan sebagai wanita tertua di Inggris, setelah Kamis 15 Januari 2015 lalu, Ethel Lang, pemegang gelar wanita yang sebelumnya dinasbihkan sebagai wanita tertua di Inggris tutup usia.

Kisah Anak Pramuwisma dan Buruh Tani Jadi Wisudawan Terbaik

Meski sudah sepuh dan berusia 112 tahun, kepada wartawan yang mewawancarainya, seperti dikutip Daily Mail, ia mengaku masih seperti wanita 70 tahun yang sehat, dan merasa tak pernah bertambah umur setelah mencapai angka itu.
Restoran Ini Ajak Konsumen Nikmati Makanan di Atas Motor


Saat ditanya, apa rahasia hidupnya sampai bisa berusia demikian panjang, sambil tersenyum Gladys katakan, “Hanya dua rahasianya, yang pertama kita harus terus berpikiran positif, dan terus aktif bergerak meski umur terus bertambah.”


Wanita yang rambutnya memutih itu, mengaku lahir di zaman pemerintahan Ratu Victoria. Saat dinyatakan sebagai orang tertua di Inggris, ia mengaku kaget, karena awalnya, ia mengira hanya menjadi orang tertua di tempat tinggalnya, di Isle of Wight. Tercatat, kini ia telah memiliki enam cicit, empat cucu, dan seorang anak laki-laki.


“Tips saya bisa bertahan hidup lama, adalah dengan cara terus bergerak. Saya justru gelisah kalau hanya sekadar diminta diam,” tambah Gladys. Ia mengatakan, dalam hidup ia tidak pernah macam-macam, selalu hidup lurus sesuai aturan dan norma. Ia pun mengaku, senang membantu orang lain, sesuatu yang ia percaya, membuat Tuhan jadi sayang padanya.

 

Data kelahiran menyebut, Gladys lahir di Tahun 1903 di Dulwich, Tenggara London dan besar di Rottingdean, sebuah derah di dekat Brighton. Saat muda, Gladys berprofesi sebagai pemain piano di London, dan sering menjadi pengiring para pasangan yang sedang berdansa.


Selain itu, ia juga pernah bekerja di perusahaan otomotif, dan sempat ditawari posisi managing director, namun menolak, karena takut sibuk. Ia kemudian mengelola sebuah sekolah, bernama Kingscliff House School yang kini berubah nama menjadi  Brighton College.


Sosok yang baik hati


Gladys lahir bersamaan dengan momen ketika Wright bersaudara menemukan pesawat terbang, dan ia sendiri, berteman dekat dengan Amy Johnson, penerbang wanita pertama, yang sempat menjelajah angkasa dari Inggris ke Australia.


Suaminya, yang bernama Leslie, dan berprofesi sebagi pilot Royal Flying Corps di Perang Dunia I, dan bekerja di RAF di Perang Dunia II, menikahinya pada tahun 1922.  Anak mereka, Derek Hermiston-Cooper yang kini berusia 84 tahun, adalah juga pensiunan pilot.


Setelah suaminya wafat di tahun 1977, Gladys pindah ke Isle of Wight dan tinggal di apartemen yang dibelikan oleh anaknya. Menantunya yang bernama Veronica, 68 tahun, memuji nenek ini, dengan mengatakan ia adalah wanita yang tegar, dan sosok ibu yang baik hati.


“Kami bangga bisa merawatnya, ia tak pernah berubah semenjak dulu. Tiga bulan lalu, ibu mertua baru saja kehilangan adik perempuannya. Dalam keluarganya, ia adalah anak tertua dari enam bersaudara, kini hanya tinggal dia yang tersisa. Meski telah renta, ia jarang sakit, mungkin karena Tuhan sayang padanya. Ia juga banyak berjasa pada negeri ini, saat Perang Dunia terjadi,” ujar Veronica.


Kalau Gladys dinyatakan sebagai wanita tertua di Inggris, maka gelar wanita tertua sedunia, saat ini dipegang oleh Misao Okawa, wanita Jepang yang Maret 2014 lalu, merayakan ulang tahun ke 116.  (umi)


Baca juga:









Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya