Penyebab Bertengkarnya Pasangan Dalam Mengurus Anak

Ilustrasi Orangtua dan Anak
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...
- Mengurus anak bukan lah hal yang mudah. Anda dan pasangan harus memikirkan dan sama-sama menyetujui cara terbaik yang akan diterapkan dalam mengurus juga mendidik anak.

Diecast Bukan Sekadar Mainan Semata

Kesulitan mengurus buah hati juga sering membuat pasangan suami istri sering bertengkar. Kurangnya komunikasi dan besarnya ego masing-masing adalah dua penyebab utama. Sebelum Anda menjadi orangtua, ketahui lah beberapa isu atau masalah yang paling sering dihadapi para orangtua muda dalam mengurus anak berikut ini seperti yang dilansir dari
Remaja Perempuan 16 Tahun Ditemukan Tewas Usai Ngamar Bareng 2 Pria di Hotel Jaksel
Times of India .


Tanggung jawab mengurus anak

Umumnya, pria berpikir bahwa istri lah yang berkewajiban mengurus anak mulai dari bangun tidur hingga menidurkan mereka di pagi hari. Padahal tidak semua wanita merupakan seorang ibu rumah tangga. Di jaman sekarang, banyak wanita yang tetap melanjutkan karir mereka setelah menjadi seorang ibu sehingga mereka membutuhkan bantuan suami dalam hal mengurus anak.


"Ini dapat menyebabkan depresi pasca melahirkan pada banyak ibu muda. Sudah seharusnya seorang ayah membantu sang istri mengurus buah hati. Suami juga harus membuat istri tahu bahwa mereka selalu ada untuk membantu," ujar psikolog, Vandana Tripaathy.


Cara mendidik anak


Seorang pria biasanya ingin mendidik anak-anaknya dengan cara berbeda. Kebanyakan pria ingin buah hatinya memiliki jiwa bebas yang gemar akan petualangan serta hal-hal seru. Tentu saja ini menimbulkan masalah bagi sang istri yang ingin mendidik anak dengan cara disiplin dengan sederet aturan.


Menurut konselor anak, Hariharan H, banyak anak yang tumbuh dewasa dengan cara yang persis seperti yang orangtua mereka ajarkan sejak kecil. Oleh karena itu, penting bagi kedua orangtua untuk mendiskusikan dan menyepakati cara mendidik anak yang akan dipilih.


"Jika anak sering melihat orangtua bertengkar apalagi tentang cara mendidik mereka, itu akan membawa dampak buruk bagi anak," ujar Hariharan.


Pengaruh kakek dan nenek

Memastikan keluarga besar termasuk kakek dan nenek dalam hal ini orangtua atau mertua Anda turut mendidik anak Anda adalah sebuah hal penting. Meski begitu, Anda dan pasangan sebaiknya tidak terbawa pengaruh orangtua masing-masing dalam mendidik anak Anda.


"Kakek dan nenek memang memiliki banyak pengalaman mendidik anak dan saran mereka perlu Anda dengarkan. Tapi, ingat lah bahwa terdapat gap dua generasi antara mereka dan anak-anak Anda. Jadi Anda perlu menyesuaikan cara mendidik anak sesuai jamannya," jelas Vendana. (ren)


Baca juga:
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya