Manfaat Mengonsumsi Makanan Fermentasi

Ilustrasi Produk Susu
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Susu Kecoak Bakal Jadi Superfood Selanjutnya
- Fermentasi adalah sebuah teknik pengawetan makanan secara alami yang telah dilakukan di seluruh dunia selama beratus-ratus tahun lamanya. Untuk melakukan fermentasi, biasanya menggunakan beberapa jenis bakteri yang aman untuk dikonsumsi.

Ini Manfaat Susu untuk Kulit dan Rambut

Hampir setiap negara di dunia memiliki versi makanan fermentasi sendiri.
Manfaat Susu untuk Kecantikan
Nah, tanpa Anda sadari, makanan fermentasi ini sebenarnya memiliki sederet manfaat kesehatan bagi tubuh. Mungkin itu lah mengapa kimchi atau acar sawi putih Korea Selatan pernah dinobatkan sebagai makanan paling sehat di dunia.


Untuk itu, simak beberapa manfaat kesehatan makanan hasil fermentasi seperti yang dilansir dari
Times of India
berikut ini.


Menyehatkan sistem pencernaan


Makanan fermentasi mudah dicerna tubuh karena kandungan prebiotiknya. Proses fermentasi juga membantu memecah selulosa dalam makanan yang sulit dicerna tubuh.


Kaya akan enzim


Tubuh membutuhkan enzim untuk menyerap, mencerna dan menggunakan nutrisi yang terkandung dalam makanan. Seiring bertambahnya usia, persediaan enzim di dalam tubuh berkurang sehingga mampu menyebabkan beberapa masalah kesehatan.


Detoksifikasi


Salah satu manfaat kesehatan mengonsumsi makanan fermentasi adalah membantu proses detoksifikasi. Itu karena bakteri yang terkandung di dalamnya mampu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh.


Menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam usus


Bagi Anda yang menderita intoleransi laktosa, konstipasi, sindrom iritasi lambung, infeksi bakteri, alergi dan asma patut mengonsumsi makanan fermentasi untuk mengatasi gangguan-gangguan kesehatan tersebut.

(one)


Baca juga:
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya