5 Alasan Anda Harus Minum Kopi Setiap Hari

Kopi.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id-- Kopi termasuk minuman yang digemari oleh pria dan wanita. Minuman yang konon bisa mengurangi rasa kantuk ini sangat umum di masyarakat Indonesia. Bahkan, gerai-gerai kopi sudah menjamur di berbagai sudut kota, hingga di mall.

Kenikmatan dan aroma kopi memang menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan konsumsi kopi secara rutin satu cangkir setiap hari, ternyata juga bisa mendatangkan manfaat untuk kesehatan. Hal ini [un bisa menjadi alasan, menagapa, Anda harus mengonsumsi kopi setiap hari.

Apa saja manfaat kopi untuk kesehatan? Berikut adalah lima alasan mengapa Anda harus memiliki secangkir kopi setiap hari seperti dilansir Times of India.

 Antioksidan

Kopi mengandung banyak antioksidan yang memurnikan tubuh dan membuat orang merasa segar. Studi juga membuktikan bahwa kita bisa mendapatkan antioksidan dari kopi, cukup satu atau dua cangkir kopi sehari, sudah bermanfaat. Jika tidak suka kopi, bisa coba teh hitam.

Baik untuk hati

Kopi sangat baik untuk hati, terutama bagi orang-orang yang minum alkohol.

Pengusir stres

Orang yang minum kopi setiap hari mengatakan bahwa bahkan bau kopi dapat membebaskan mereka dari stres dan ketegangan.

Mengurangi risiko kanker

Kopi membantu mengurangi risiko kanker kulit. Dalam dunia kedokteran, kafein dalam kopi bahkan sering pula digunakan sebagai perangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin. Dalam dosis yang rendah kafein dapat berfungsi sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit.

Diabetes dan penyakit Parkinson

Kopi juga dikenal untuk mengurangi risiko diabetes dan penyakit Parkinson pada manusia.

Manfaat ini akan terasa, tentu, jika kopi dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.  Tapi hati-hati, manfaat kopi bisa berubah jadi racun, terutama jika dikonsumsi terlalu berlebihan, lebih dari lima gelas cangkir per hari.

Baca Juga:

Ini Cara Indonesia Promosi Kopi Nusantara di Norwegia
Secangkir kopi.

Bahaya Kafein dalam Enam Cangkir Kopi

Syarat konsumsi kafein perhari yaitu 80 hingga 125 miligram.

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016