Cara Bijaksana Mendisiplinkan Anak

Ilustrasi ibu dan anak main ponsel atau gadget
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Untuk menanamkan nilai yang baik dan disiplin pada anak terkadang menemui hambatan. Sekolah mempunyai cara sendiri untuk dapat mendisiplinkan anak, tapi bagaimana Anda sebagai orangtua?

Hal ini perlu diperhatikan agar anak Anda menjadi orang yang disiplin dan berkarakter. Berikut beberapa cara untuk mendisiplinkan dengan cara bijaksana, seperti dilansir laman Times of India.

Beri anak hadiah ketika berbuat baik

Hal ini sangat membantu sekali, setiap kali anak Anda berkelakuan baik sebaiknya Anda memberikannya hadiah. Contohnya anak tidak pernah terlambat ke sekolah dalam sebulan, hal ini membuktikan bahwa ia sudah melakukan kedisiplinan.

Buat peraturan


Buatlah daftar semua tindakan indisipliner dan hukuman untuk setiap tindakan. Ini akan membuat anak Anda berhati-hati dengan prilakunya. Pantaulah tindakan anak secara teratur, dan jangan biarkan mereka pergi tanpa peraturan disiplin yang Anda buat.

Taktik halus

Pastikan Anda memberitahu disiplin ke anak, pada waktu yang sesuai dan pada setiap masalah. Ketika mereka membuat kesalahan, Anda juga bisa tidak berbicara ke mereka untuk beberapa waktu, tidak memberi makanan favorit pada saat belanja. Ini akan membuat mereka menyadari kesalahannya dan anak akan membuat upaya untuk memperbaiki tindakannya.

Mengatur rutinitas sebagai orangtua

Anda bertanggung jawab untuk memperbaiki sikap anak Anda. Oleh karena itu, jangan tinggalkan disiplin Anda pada anak. Aturlah dengan rutin anak Anda untuk berbagai aktivitas mereka setiap hari. seperti untuk jam belajar dan jam bermain mereka. Hal ini akan membuatnya mengerti bahwa Anda memahami mereka.

Baca juga:

Cara Nadia Mulya Disiplinkan Anak
kids school

Agar Hari Pertama Anak Masuk TK Berjalan Lancar

Berkenalan lebih dahulu dengan kawannya

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016