Melanie Subono: Sampah Itu Mematikan

Melanie Subono.
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Sampah bukan lagi masalah baru di Indonesia, terutama kota besar seperti Jakarta. Hal tersebut dapat memberikan dampak yang sangat buruk terhadap lingkungan mulai dari pencemaran hingga banjir yang tiap tahun hadir.

Melanie Subono, seorang publik figur yang sangat fokus terhadap lingkungan pun menyayangkan masih banyak orang yang buang sampah sembarangan.

"Orang sekarang buang sampah ke laut dan ke sungai lebih banyak sampah rumah tangga daripada pabrik. Sampai springbed juga ada. Bayangin," cerita Melanie saat ditemui di acara Aksi Anti Kuman Cegah Penyakit Saat Banjir Bersama Wipol di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat, 30 Januari 2015.

Anak dari promotor Adrie Subono ini pun menambahkan, seharusnya semua orang sudah mulai peduli dengan sampah. Tidak lagi merasa sampah bukan urusan mereka.

Penyakit yang ditimbulkan dari sampah pun tidak main-main. Bukan hanya diare atau gatal-gatal, tetapi juga tetanus yang bisa menyebabkan kematian.

Melanie mengajak semua kalangan mulai mengurangi sampah, minimal dalam penggunaan plastik.

"Gue nggak bilang jangan pakai plastik sama sekali, tapi harus pakai dengan bijak. Plastik itu jahat banget," katanya.

Sejak 4 tahun lalu, Melanie sudah mulai fokus terhadap lingkungan. Hal itu ia terapkan dalam kehidupan sehari-hari lewat pemilihan sampah di rumahnya. Beberapa sampai terurai yang bisa dimanfaatkan ia jadikan pupuk. Jika sudah benar-benar tidak bisa didaur ulang, baru dibuang ke tempat sampah.

Gue sangat mengharapkan edukasi ini berhasil dan sehingga kita nggak akan ngalamin banjir lagi. Ingat, sampah itu efeknya bisa sampai mematikan,” tuturnya. (art)

Baca juga:

Bersihkan Sampah di Laut, Penyelam Temukan Koin Emas


Indra Herlambang

Peduli Kebersihan, Indra Herlambang Pungut Sampah

Ia menceritakan pengalamannya memungut sampah.

img_title
VIVA.co.id
21 Oktober 2015