5 Cara Perangi Bengkak Selama Kehamilan

ilustrasi ibu hamil makan
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Edema atau bengkak yang berlebihan adalah kondisi medis akut yang ditandai dengan penumpukan cairan di dalam jaringan. Ini adalah masalah kesehatan umum yang sering dihadapi kebanyakan wanita saat hamil.

Pembengkakan ini biasanya dialami di tangan, kaki, dan wajah. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini. Yaitu dengan mengurangi konsumsi garam, minum banyak air dan makan yang sehat adalah salah satu cara untuk mengurangi masalah ini untuk sebagian besar.

Mari ikuti tips dibawah ini untuk mengurangi pembengkakan pada bagian tubuh, seperti dilansir laman Boldsky.

Kurangi asupan garam


Kurangi konsumsi garam dan makanan dengan rasa asin yang berlebihan. Garam dapat menghambat penyerapan cairan tubuh. Hal ini yang menyebabkan terjadinya pembengkakan dalam tubuh. Junk food merupakan makanan dengan kandungan garam sangat tinggi. Untuk ibu hamil disarankan untuk menghindari makanan cepat saji tersebut.

Perbanyak minum air putih

Tubuh membutuhkan hingga 1,5 liter per hari atau cukup dengan meminum 8 gelas air putih setiap harinya. Air putih akan membantu memperlancar peredaran darah dan mengurangi retensi cairan secara signifikan.

Kompres dengan air dingin

Kompres dengan air dingin bagian tubuh yang membengkak untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

Lakukan olahraga ringan


Saat hamil cobalah untuk tidak terlalu lama duduk dengan posisi yang sama. Cobalah berjalan jalan sedikit dan melakukan peregangan ringan. Bisa juga dengan melakukan aerobik air untuk meningkatkan denyut jantung.

Gunakan pakaian yang nyaman

Saat hamil usahakan jangan memakai pakaian yang terlalu ketat. Pakailah pakaian yang ringan dan nyaman digunakan. Ganti celana anda dengan rok atau dress khusus ibu hamil. Hindari juga menggunakan sepatu ber hak tinggi.

Peran Penting Suami Saat Istri Hamil

Pakailah flat shoes dengan ukuran yang tidak terlalu sempit. Hal ini akan memperlancar aliran darah di kaki saat berjalan.

Hindari juga kaus kaki dan stoking yang terlalu ketat yang cenderung menekan betis dan pergelangan kaki yang dapat memperparah pembengkakan. (ren)

Baca juga:

Tips Menghindari Stres bagi Ibu Hamil
Ibu hamil

Pengeluaran Hemat untuk Ibu Hamil

Pastikan mengenai keberadaan fasilitas tunjangan kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016