Mencandu Alkohol karena Media Sosial?

Ilustrasi minuman beralkohol.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Kini kecanduan seseorang terhadap minuman beralkohol bukan hanya dari teman sebaya atau bahkan lingkungan. Namun, media sosial juga dapat mempengaruhi, salah satunya adalah Facebook. Bagaimana bisa?
 
Berdasarkan penelitian dari Michigan State University, lebih dari 400 peserta dimintai keterangan mereka terhadap alkohol. Mereka yang mengkonsumsi alkohol dikarenakan komentar status terbaru di Facebook. Seperti apa sebenarnya komentar yang dimaksud?
 
Banyak user Facebook yang meng-update status mengenai larangan minum alkohol bagi anak di bawah umur. Namun, justru dengan larangan seperti itu yang membuat mereka penasaran dan mencoba minum alkohol.
 
Anggota lain dari Michigan State University yaitu Elizabeth Taylor dan Jef Richards, dosen MSU Departemen Periklanan dan Hubungan Masyarakat, dan Chen Lou, seorang mahasiswa doktoral dalam studi media dan informasi.
 
"Apa yang kami temukan adalah orang yang sangat merasakan pengaruh dari pesan tentang itu (minum alkohol), sehingga mereka berhasrat penuh untuk mencoba minum alkohol,” kata Saleem Alhabash, yang memimpin penelitian .

Penelitian ini memiliki beberapa implikasi serius terutama dalam hal memperkenalkan alkohol kepada orang di bawah usia 21 tahun.

“Peminum di bawah umur akan melihat iklan tersebut, pikir mereka keren, dan kemudian mereka coba,” tambah Saleem, seperti dilansir laman Daily Mail.
 
Ia mengatakan media sosial tidak dapat menargetkan konten yang berhubungan dengan alkohol untuk mereka yang di bawah usia 21 tahun.

"Anda tidak bisa mengontrol apa yang terjadi padanya," ujar Saleem.

Penelitian menunjukkan ada tiga halaman Facebook merupakan produk pemasaran alkohol dipasang dengan layar yang mempromosikan minuman beralkohol. Iklan tersebut menambahkan quote anti-minum sebagai pengumuman pelayanan publik.

Tim peneliti menemukan bahwa peserta justru tertarik dengan iklan seperti itu. Mereka saling share dan mengomentari iklan tersebut. Dengan demikian, timbul niat untuk mengkonsumsi alkohol.

Laporan Nuvola Gloria

Tips Maksimalkan Promosi Online Shop di Facebook

Baca juga:

Ilustrasi/Halaman masuk situs website Facebook

Kenali Karakter Seseorang Melalui Status Facebook

Status Facebook jadi sarana untuk menyampaikan apa yang kita pikirkan.

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2016