5 Tips Bersepeda Gunung Bagi Pemula

Jelajahi Surga Pesepeda Gunung di Bali
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Mungkin bagi pesepeda pemula akan bertanya-tanya perlengkapan apa saja yang diperlukan untuk bersepeda gunung? Atau pergi ke mana? Bagi pecinta sepeda gunung, hal-hal semacam ini sudah merupakan sifat alami. 

1.000 Peserta Ditargetkan Tampil di Festival Balap Sepeda

Mereka yang ingin bersepeda gunung tidak tahu mesti mulai dari mana. Tentu kita bisa mengendarai sepeda, tapi begitu jalur bersepeda mulai terlihat jauh dari rata semua akan menjadi menakutkan.

Berikut beberapa tips bersepeda gunung bagi pemula menurut Theactivetimes.

Polygon Bikes Aktif Garap Pasar China

Perhatikan rute yang dilalui

Sebelum Anda mulai, Anda harus mengetahui jenis gunung  yang ingin Anda lewati dengan sepeda. Apakah gunung tersebut memiliki tanah datar atau perbukitan yang curam. 

Indonesia Jadi Tuan Rumah Balap Sepeda Gunung Internasional

Sering kali rute yang ditemui menurun dan berbukit untuk itu pilihlah jenis sepeda yang baik sesuai rute yang akan Anda lalui. 

Pastikan jenis sepeda yang akan digunakan

Jika Anda sebagai pesepeda pemula, Anda tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak demi mendapatkan sepeda gunung yang mahal. Sangat mudah bagi pemula melakukan kesalahan dalam memilih dan akhirnya mendapatkan sepeda yang tidak sesuai. 

Jangan biarkan siapa pun, apalagi pegawai toko sepeda mengecoh Anda bahwa sepeda gunung yang baik dapat dibeli di tempat tertentu. Yang terpenting carilah sesuai kebutuhan trek yang akan Anda lalui.

Penting untuk mengetahui bagaimana kelebihan dan kekurangan olahraga yang Anda tekuni sebelum menghabiskan banyak uang. Sebuah sepeda gunung yang baik seharusnya memiliki kemampuan untuk mencengkeram tanah dengan kuat. Sepeda gunung memiliki 18-30 gear pindah yang berguna untuk mengatur kecepatan dan kenyamanan dalam mengayuh pedalnya.

Siapkan peralatan keamanan

Peralatan keselamatan sangat penting untuk bersepeda gunung. Tidak hanya akan membuat Anda lebih aman jika terjadi kecelakaan, tetapi juga membuat Anda akan merasa jauh lebih nyaman saat mengambil resiko.

Pertama pastikan bahwa Anda menggunakan helm yang dipasang dengan benar. Ada dua jenis helm, yaitu full face atau biasa. Ambil lah jenis helm full face jika Anda berniat untuk melewati trek yang sangat agresif, seperti kecepatan super tinggi dan terjal.

Lewati rute sesuai petunjuk

Ada begitu banyak properti publik yang bisa dilewati pesepeda tetapi jangan lupa untuk perhatikan keamanan perjalanan Anda. Anda bisa melakukan sebuah pencarian Google yang akan mengarahkan Anda ke tempat-tempat dekat dan aman.

Secara garis besar bersepeda gunung memiliki kurva trek yang mirip dengan olahraga ski. Bagi pemula Anda dapat mencoba olahraga dari level terendah terlebih dahulu. Ikutilah rute sesuai petunjuk hal ini untuk meminimalisir resiko yang tidak di inginkan. 

Rawatlah sepeda Anda

Perlakukan sepeda Anda dengan baik tidak lupa bersihkan setelah naik, terutama di tengah hujan atau lumpur. Naik dalam kondisi bisa menyenangkan, tetapi bisa memakai bawah komponen sepeda Anda. Pastikan rantai sepeda Anda terpasang dengan benar dan jangan lupa selalu membawa kunci pas. (ren)

Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya