Mengenal Sembilan Ragam Es Krim di Dunia

Ilustrasi es krim
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id - 
Es Krim Produksi Rumahan Ini Raup Puluhan Juta Rupiah
Per kapita, masyarakat Australia dan Selandia Baru adalah dua konsumen es krim terbesar di dunia. Setiap tahunnya, orang di Australia mengonsumsi 18 liter dan Selandia Baru 20 liter es krim. Namun, Amerika Serikatlah yang berada di puncak daftar dengan jumlah konsumsi es krim 23 liter per tahun. 

Empat Makanan Termahal di Dubai
Ya, es krim memang begitu digemari masyarakat dunia. Bahkan hampir setiap negara memiliki versi es krim yang berbeda. Yang membedakan adalah bahan-bahannya, cara membuat, dan tentu saja rasanya. Mau tau apa saja varian es krim di seluruh dunia?

Lima Varian Es Krim Vanilla Ini Bisa Dicoba
1. Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, es krim yang terkenal adalah es krim yang rasanya sangat manis yang dibubuhi dengan bermacam-macam topping seperti biskuit, permen, coklat, dan kacang-kacangan. Es krim tersebut bercitarasa vanilla, coklat, kopi, stroberi, karamel dan sebagainya.

2. Jepang

Jepang juga memiliki es krim versi mereka yaitu es krim yang terbuat dari teh hijau (matcha) dan kacang merah (ogura). Tak hanya itu, ada pula es krim yang terbuat dari adonan mochi atau kue beras.

3. Italia

Es krim khas Italia yang saat ini sedang mencuri hati masyarakat di Jakarta adalah gelato dan sorbet. Tekstur gelato cenderung lebih pekat dengan rasa yang intens, dibanding es krim yang cepat lumer karena memiliki kandungan udara lebih banyak. Sorbet sendiri tak sama dengan gelato dan es krim. Dibuat tanpa susu maupun krim, melainkan puree buah-buahan segar yang dihidangkan dalam kondisi tidak sepenuhnya beku.

4. Turki

Es krim yang populer di negara ini dinamakan dondurma, es krim yang terbuat dari susu kambing dengan paduan sachlav yaitu akar dari sejenis anggrek liar Turki yang dihaluskan.

5. India

Di negara ini, es krim yang populer dengan sebutan kulfi dibuat dari susu kerbau dengan tambahan perasa pistachio, mangga, kapulaga, dan saffron.

6. Perancis

Es krim yang populer di Perancis adalah es krim yang  mengandung kadar alkohol atau liqueur yang cukup tinggi.

7. Malaysia

Es krim yang terkenal di negeri jiran ini dibuat menggunakan santan, namanya es potong. Cara penyajiannya es harus dipotong lalu ditusuk menggunakan stik lalu diapit dengan roti. Es potong ini juga terkadang disebut ice cream sandwich.

8. Filipina

Es krim tradisional yang populer di Filipina dinamakan sorbetes. Berbeda dengan sorbet Italian, sorbetes menggunakan sedikit susu dan biasa dijual menggunakan gerobak. Es krim ini juga sering disebut 'es krim kotor' karena dijual di pinggir jalan di mana banyak terekspose polusi udara. Sorbetes juga umumnya disajikan bersama wafer, cone gula atau roti.

9. Indonesia

Indonesia juga memiliki versi es krim yang tak kalah enak: es puter. Walau tidak menggunakan susu maupun krim, es berbahan santan ini tetap terasa sangat lezat dan menyegarkan. Tersaji dengan beragam cita rasa seperti kopyor, durian, alpukat, atau kacang hijau. Belakangan, bahkan muncul kreasi es puter rasa jamu yang menyehatkan.

Baca juga:




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya