Delapan Inovasi Es Krim Bercita Rasa Unik

Ilustrasi ragam es krim
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Selama ini, varian rasa es krim yang populer hanyalah cokelat, vanila, karamel, dan buah-buahan seperti stroberi dan mangga. Seiring berjalannya waktu, inovasi di dunia kuliner semakin banyak dilakukan.

Es Krim Produksi Rumahan Ini Raup Puluhan Juta Rupiah

Es krim pun banyak dikreasikan dengan menambahkan bahan-bahan tak biasa, mulai dari kerang hingga beras.

Hasilnya, tentu saja es krim bercita rasa unik yang memberikan sensasi baru bagi penikmatnya. Lalu, apa saja varian rasanya?
Empat Makanan Termahal di Dubai

Kerang
Lima Varian Es Krim Vanilla Ini Bisa Dicoba

Es krim rasa kerang hadir pertama kali di Jepang, tepatnya di prefektur Aomori. Es krim tersebut dinamakan hotate ice cream, yang mana merupakan es krim dengan rasa kerang yang umum dikonsumsi masyarakat di seluruh Jepang. Kerang ini juga sering disebut sebagai kerang yesso. Biasanya yesso disantap dalam kondisi mentah bersama sedikit wasabi. 

Domba

Ialah Baskin Robbins Jepang, yang menciptakan es krim dengan varian rasa baru, yakni bercita rasa domba bernama Happy Doll Sheep. Inspirasi di balik varian rasa unik itu ialah domba, hewan tahun ini menurut zodiak China. Walaupun es krim ini terinspirasi dari domba, cita rasanya tidak benar-benar memiliki sentuhan rasa daging domba. Bukannya amis dan beraroma prengus, es krim ini memiliki cita rasa seperti es krim pada umumnya yaitu manis dan segar. 

Hal tersebut, karena bahan yang digunakan untuk membuatnya antara lain ialah stroberi, marshmallow yang mewakili bulu domba, dan chocolate chips yang mewakili mata bundar berwarna hitam milik hewan domba. Es krim tersebut diluncurkan khusus untuk menyambut Tahun Baru 2015.

Foie gras

Humphry Slocombe, toko es krim ternama di California, Amerika Serikat, gemar membuat kreasi es krim unik dengan berbagai bahan. Salah satu yang paling mencuri perhatian adalah es krim dengan campuran hati angsa, atau foie gras. Tekstur es krim ini sangat padat dan berlemak, sehingga saat masuk ke dalam mulut lumer dengan sempurna.


Serangga

Ada jenis serangga Cicada yang cukup banyak hidup di Colombia. Serangga ini, kemudian diolah menjadi es krim oleh toko es krim Sparky’s Homemade Ice Cream di sana. Para pegawainya mencari serangga tersebut di halaman belakan, kemudian dibersihkan dan dicelupkan ke dalam campuran brown sugar dan susu cokelat. Hasilnya, es krim serangga yang ternyata disukai banyak orang.

Wasabi

Wasabi ternyata bukan hanya jadi pendamping sushi. Bumbu pedas ini bisa diolah menjadi es krim yang memiliki cita rasa unik. Toko es krim Sundaes and Cones di New York, buktinya menjual es krim wasabi dan banyak yang menyukainya.

Tinta cumi-cumi

Tinta cumi biasanya diolah menjadi mi hitam. Tapi oleh Ramekin, sebuah kedai makanan kecil di Los Angeles, AS, tinta cumi diolah menjadi es krim hitam. Bahan uniknya tak selesai sampai di situ. Es krim juga dihiasi dengan telur ikan warna merah, markisa, dan dimasukkan rasa kopi serta ektraks artichoke.

Ikan goreng

Shane Teare, sebuah perusahaan es krim di Inggris, menciptakan es krim dengan varian rasa baru yang terbilang unik, yakni rasa fish and chips, atau ikan dan kentang goreng. Es krim ini terdiri dari satu scoop es krim rasa kacang polong yang dikombinasikan dengan daun mint, serta satu scoop es krim vanila yang dibubuhi ikan dan adonan tepung. Uniknya lagi, es krim tersebut disajikan di dalam cone renyah dengan kentang goreng di bagian atasnya.

Beras

Di kota Kyushu, Jepang, es krim yang populer ialah es krim rasa beras merah, atau genmai.  Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatannya terbilang sangat alami seperti susu sapi, gula, madu, dan beras merah yang diyakini menjadi camilan berkualitas tinggi. Cita rasanya sangat kuat dengan kinako, bubuk kedelai panggang yang biasa Anda temukan di beberapa permen Jepang. (asp)


Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya