Ini Waktu Tepat untuk Olahraga

Ilustrasi Olahraga
Sumber :
  • istockphoto

VIVA.co.id - Menjaga kesehatan tubuh, adalah hal paling utama yang seharusnya menjadi prioritas banyak orang. Karena jika sakit, kegiatan apapun yang dilakukan akan terganggu, dan menyebabkan kurangnya produktivitas harian.

Menjaga kesehatan, bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya berolahraga. Ini adalah kegiatan fisik yang bermanfaat bagi kelancaran fungsi tubuh, begitu juga tulang dan otot. Dengan olahraga, kualitas organ tubuh semakin baik, aliran darah lancar, serta sistim metabolisme akan tetap prima dan terus terjaga.

Namun, ada saja beberapa orang yang walau sudah berolahraga, tapi masih memiliki keluhan dalam tubuhnya. Seperti mudah capek, tidak semangat, dan cenderung mengantuk. Jika terjadi hal seperti ini, jangan panik karena ini tandanya, Anda hanya belum memilih waktu tepat untuk olahraga.

Pemilihan waktu yang tepat, adalah kunci dari optimalnya hasil dari olahraga. Jika salah memilih waktu, bukannya segar, tubuh akan mudah lelah dan sulit beraktivitas.

Waktu Olahraga yang Tepat saat Puasa

Everyday Health menulis, apabila Anda seseorang yang rajin bangun pagi, waktu yang tepat untuk berolahraga adalah pagi. Karena pada saat itu, Anda sudah dalam keadaan segar dan siap melakukan olahraga.

Olahraga di pagi hari juga menguntungkan, karena Anda akan mendapat kebaikan sinar matahari pagi, yang diketahui mengandung vitamin E dan kolagen, yang baik untuk kesehatan kulit, tulang, dan gigi.

Namun untuk Anda yang lebih aktif di malam hari dan menghilang di pagi hari, menjelang senja, adalah waktu yang tepat untuk Anda meregangkan otot-otot tegang yang terpakai saat bekerja.

Berolahraga di kala sore, juga terbukti dapat menghilangkan stres yang melanda pikiran. Berolahraga di sore hari juga berguna untuk yang sulit bagun pagi, karena biasanya saat bangun, otot tubuh masih belum bekerja dengan baik dan dapat menyebabkan cidera.
 
Berolahraga di pagi maupun sore hari, yang terpenting adalah konsistensi dari yang menjalaninya. Karena optimalnya hasil olahraga, ditentukan dengan bagaimana Anda mengatur rutinitas olahraga setiap harinya.

Selain itu, penting juga bagi Anda mengimbangi olahraga dengan asupan gizi yang penting dan lengkap, agar tubuh semakin bugar dan jauh dari penyakit.

Baca juga:


Ilustrasi sayuran

Hindari Konsumsi Tujuh Makanan Ini Sebelum Olahraga

Salah satunya sayuran hijau.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2016