Ide Mengolah Jamur, dari Satai Hingga Burger

Ilustrasi jamur
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Jamur. Bahan makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang lezat dan tekstur yang unik. Terdapat begitu banyak manfaat kesehatan yang akan Anda dapatkan jika rutin mengonsumsi jamur.

Manfaat Makan Jamur Secara Rutin

Beberapa di antaranya adalah menyehatkan sistem saraf tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kebutuhan vitamin serta mineral yang terpenuhi.

Selama ini masyarakat Indonesia umumnya mengolah jamur menjadi hidangan sup atau tumis. Padahal banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat deretan hidangan lezat berbahan dasar jamur.

RESEP: Jamur Panggang Isi, Camilan Lezat Nan Sehat

Nah, bagi Anda penggemar jamur, berikut ini adalah beberapa ide mengolah jamur menjadi hidangan lezat yang bisa Anda coba untuk keluarga di rumah seperti yang dilansir dari All Women Stalk:

Burger

Petani China Temukan Jamur 'Umur Panjang'

Burger dengan isi jamur

Tahukah Anda bahwa jamur sering digunakan oleh para chef sebagai pengganti daging saat memasak hidangan vegetarian? Ya, tak ada salahnya sesekali mengganti daging dengan jamur.

Hal ini dapat dilakukan terutama ketika Anda sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan. Hidangan seperti burger jamur bisa menjadi pilihan. Cukup mencampurkan jamur dengan sedikit tepung dan bumbu, Anda akan mendapatkan patty jamur yang lezat untuk burger sehat buatan rumah.

Jamur isi

Jamur isian

Anda bisa mengisi jamur dengan bahan apapun yang Anda inginkan. Jamur isi juga bisa menjadi camilan atau hidangan pembuka yang lezat. Isian yang bisa Anda coba mulai dari keju, daging giling, bawang putih dan masih banyak lagi. Setelah diisi, Anda tinggal memanggangnya di dalam oven selama 15 menit atau hingga tekstur jamur menjadi lembut.

Satai

Satai jamur tahu

Siapa bilang satai hanya dapat dibuat menggunakan daging? Jamur pun bisa Anda gunakan, seperti hidangan kebab asal Timur Tengah yang menyerupai satai yang sering ditambahkan sayur-sayuran. Anda bisa membuat satai dari jamur jenis apapun. Yang pasti jangan lupa membumbuinya dengan saus agar cita rasanya meresap.

Pasta

Pasta jamur

Di Italia, jamur paling sering digunakan sebagai bahan saus alfredo atau saus bertekstur creamy yang biasa dijadikan saus pelengkap pasta. Meski begitu, saus marinara dan bolognese juga akan semakin lezat jika ditambah jamur.

Baca juga:

 

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya