Ini Alasan Kucing Tak Boleh Konsumsi Makanan Manusia

Ilustrasi kucing
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Sebagai hewan yang umum dipelihara, kucing masih sering diberikan makanan manusia oleh pemiliknya. Padahal, kucing memiliki kebutuhan nutrisi yang jauh berbeda dengan manusia. Hal itu diungkapkan oleh drh Yosefin Lingga, dokter hewan yang ditemui VIVA.co.id beberapa waktu lalu. 

Kucing, Hewan Terapi Anak Kebutuhan Khusus

Wanita yang biasa disapa Ochi itu mengatakan bahwa kucing membutuhkan makanan khusus kucing yang terbuat dari ikan atau daging yang mengandung protein tinggi. Tapi, ikan dan daging pun harus diolah terlebih dahulu. Tidak boleh sembarangan memberi ikan atau daging mentah pada kucing. 

"Tapi kucing tidak boleh diberi ikan atau daging mentah karen dikhawatirkan akan membawa toksoplasma," ujar Ochi.

Kucing Betina Ini Terobsesi Celana dan Kaus Kaki Pria

Selain itu, cacing ada daging dan ikan mentah juga mampu membawa penyakit pada kucing, sehingga ada baiknya pemilik memberikan obat cacing pada kucing peliharaannya secara rutin.

Beberapa makanan manusia yang juga tidak boleh diberikan pada kucing adalah cokelat dan nasi. Cokelat mengandung theobromine yang bisa menyebabkan infeksi perut pada kucing, sementara kandungan karbohidrat tinggi pada nasi bisa menyebabkan kucing terkena diabetes dan obesitas. 

Pengungsi Suriah Selundupkan Kucing ke Yunani

Senada dengan Ochi, Lia Kurtz, founder Cutie Cats Cafe di bilangan Kemang, Jakarta Selatan juga mengatakan bahwa kucing sebaiknya tidak diberi makanan manusia demi alasan kesehatan.

Itulah sebabnya di kafe kucing miliknya, menu makanan yang ditawarkan untuk pengunjung sengaja disesuaikan agar kucing tidak tertarik untuk ikut mengonsumsinya.

Menurut Lia, karena kucing adalah karnivora, jadi idealnya makanan yang disajikan tidak mengandung daging, ikan atau tidak bercitarasa gurih. 

"Kami menyajikan hanya makanan manis karena kucing juga punya indera perasa dan yang paling tidak dominan adalah rasa manis," kata Lia.

![vivamore = "
Baca Juga
:"]

[/vivamore]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya