Menguak Sejarah Teh Hijau

Teh hijau.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Saat ini dunia kuliner tengah dihebohkan dengan tren kuliner teh hijau. Semua makanan yang bercita rasa teh hijau Jepang berhasil menarik perhatian.  Tapi tahukah Anda bahwa teh hijau sebenarnya bukan berasal dari Jepang?

Ya, sama seperti teh pertama berasal dari China, teh hijau juga berasal dari negeri Tirai Bambu, tepatnya pada masa Dinasti Song.

Di sana, konsumsi teh memiliki legenda yang panjang yakni mulai dari sekitar 4.000 tahun yang lalu. Teh hijau sendiri pertama kali dikonsumsi pada masa pemerintahan Raja Shennong di tahun 2737 Sebelum Masehi.

Sebuah buku karya Lu Yu pada tahun 600-900 M di masa Dinasti Tang berjudul Tea Classic dianggap sebagai buku berisi sejarah teh hijau yang penting di China. Sementara itu buku berjudul Book of Tea karya Zen di tahun 1911 juga memuat khasiat teh hijau pada kesehatan tubuh. Buku ini juga membahas tentang bentuk pohon, bunga dan daun teh, serta bagaimana cara menanam juga memproses daun teh.

Di negeri asalnya, teh hijau terdiri dari berbagai jenis yang berbeda. Banyak provinsi di China yang memiliki varian teh hijau yang khas dengan cita rasa, aroma juga warna yang berbeda dari teh hijau lainnya.

Teh hijau Jepang

Biskuit Varian Teh Hijau, Seperti Apa Rasanya?

Teh hijau pertama kali dibawa ke Jepang oleh seorang biksu bernama Myoan Eisai. Sejak itu, teh hijau pun kian populer di seluruh penjuru negeri Sakura. Terdapat beragam variasi teh hijau yang memiliki harga serta kualitas yang berbeda.

Namun, teh hijau terbaik di Jepang ialah yang berasal dari Yame, daerah di Prefektur Fukuoka dan Uji, daerah yang berada di Kyoto. Teh dari Uji lantas disebut Ujicha atau teh Uji yang telah terkenal sejak 400 tahun yang lalu.

Meski begitu, Sencha adalah varian teh hijau pertama di Jepang yang dibuat dari daun teh yang terekspos langsung dengan sinar matahari. Ini juga merupakan varian teh hijau paling umum di sana.

Selain itu, masih banyak varian teh hijau Jepang lainnya mulai dari Hyokuro, Kabusecha, Tamaryokucha, Bancha, Kamairicha, Kukicha, Mecha, Konacha, Matcha, Tencha, Genkmaicha Hojicha, Aracha, Shincha dan Funmatsucha.

Dari sekian banyak varian teh hijau tadi, yang berhasil dikenal hingga ke seluruh penjuru dunia ialah Matcha, bubuk teh hijau yang berasal dari varian teh bernama Tencha yang harganya cukup mahal dan biasa digunakan di upacara teh Jepang.

Matcha bisa menjadi begitub populer secara internasional karena banyak digunakan sebagai bahan tambahan makanan seperti es krim hingga kue.

Dari berbagai sumber

Tujuh Jenis Teh Ini Berkhasiat untuk Merawat Rambut

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]

Suplemen yang Bisa Membakar Lemak Dalam 24 Jam
teh hijau

Ketahui Beragam Manfaat Teh Hijau Matcha bagi Kulit

Matcha dianggap sebagai teh hijau terbaik.

img_title
VIVA.co.id
30 Juli 2016