Mencegah Persaingan Pada Saudara

Kakak dan adik.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Suku Bunga BI Naik, Apindo Ungkap 3 Tantangan Ini Hantui Pengusaha
- Banyak orangtua ingin menghentikan perkelahian saudara. Tapi sebaiknya Anda beralih fokus untuk menghentikan persaingan di antara saudara. 

PKS Bakal Sambangi Markas PKB Malam Ini, Bahas Apa?
Orangtua harus mengajarkan ke anak tentang memberi dan menerima, bahkan ketika mereka tidak tahu. Ajarkan mereka bagaimana mencintai seseorang, bahkan ketika mereka tidak menyukai apa yang dilakukannya. Toleransi, kesabaran, belajar kebaikan, dan yang paling penting, solusi ketika bertengkar.

Respons Albertina Ho Usai Dilaporkan ke Dewas oleh Pimpinan KPK
Agar tidak ada persaingan antar saudara, diperlukan kerja keras orangtua dalam berbuat adil kepada mereka, berikut cara mencegah persaingan pada saudara, seperti dilansir laman Xin Msn.

Jangan bandingkan anak satu dengan yang lain

Membandingkan membuat anak merasa dicintai dan dihargai oleh Anda. Hal ini tidak membuat mereka untuk bangkit dan bekerja keras. Beberapa anak akan sering membuat pertengkaran dengan saudara ketika mereka merasa dibandingkan dengan saudaranya. Hasilnya anak-anak akan menelan perasaan itu dan menghasilkan kebencian dalam diri serta merasa kurang harga diri. 

Jangan jadi hakim dan juri

Kebanyakan orangtua berpikir bahwa bagian dari pekerjaan mereka memerlukan jadi hakim dan juri. Masalahnya adalah anak-anak tidak belajar bagaimana mengatasi hal itu sendiri. Ketika orangtua memutuskan siapa yang benar dan siapa yang salah, satu anak akan tetap marah dan satu lagi merasa akan menjadi pemenang. Hal ini malah membuat persaingan tetap ada diantara mereka.

Memfasilitasi mereka

Untuk membuat anak-anak berada di tim yang sama, Anda perlu untuk membantu memfasilitasi dan membimbing mereka agar dapat menyelesaikan perkelahian mereka sendiri. Jelaskan kepada mereka bahwa mereka saling mencintai satu sama lain.

Fokus pada talenta unik setiap anak

Setiap anak berhak dan perlu dilihat sebagai seseorang yang istimeswa, dengan bakat dan ketrampilan yang unik. Bantulah mereka untuk membuat harga diri yang tinggi dengan menggunakan pujian kepada mereka dan Anda fokus kepada bakat-bakat mereka. Dalam hal ini Anda juga jangan membandingkan talenta mereka, mana yang lebih baik antara talenta satu dengan anak yang lain.    

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya