Ini Dia Cara Mengolah Kalkun Agar Lezat Disantap

Daging kalkun
Sumber :
  • VIVAlife/Tasya Paramitha
VIVA.co.id
Kalkun, Alternatif Protein Rendah Kolesterol
- Daging kalkun sering dijadikan hidangan istimewa saat perayaan sejumlah hari besar. Tak hanya itu, kandungan nutrisinya yang tinggi dan mengandung protein serta rendah lemak, menjadikan kalkun sebagai hidangan daging favorit banyak orang.

Kondisi Terkini Pemain Timnas Malaysia Faisal Halim Usai Disiram Air Keras OTK

Namun, untuk mengolahnya agar nikmat disantap butuh kerja keras. Memasak daging kalkun bisa dibilang cukup merepotkan dan membutuhkan banyak persiapan, apalagi daging kalkun memiliki tekstur yang lebih padat dan berserat.
Pemkot Tangsel Raih Opini WTP 12 Kali Berturut, Benyamin: Kami Selalu Bertekad Pertahankannya


Sebenarnya kalkun tak melulu harus dipanggang. Anda bisa memasaknya dengan cara lain seperti digoreng maupun dibakar. Namun, Anda tetap harus memaggangnya terlebih dahulu setidaknya setengah matang. Hal tersebut dilakukan agar daging empuk, moist dan bumbu pun meresap secara rata.

Berikut ini adalah beberapa hal lain yang patut Anda perhatikan saat hendak memasak daging kalkun seperti dilansir
thekitchn.com
.


Diamkan terlebih dahulu


Pastikan daging kalkun berada dalam suhu ruangan agar saat dimasak daging pun metang secara merata. Untuk itu, diamkan kalkun terlebih dahulu setelah dikeluarkan dari lemari es.


Marinasi daging


Agar bumbu dan rempah meresap secara merata, daging kalkun harus dibaluri dengan bumbu dan dimarinasi terlebih dahulu. Setelah itu diamkan selama beberapa jam di dalam kulkas sebelum dipanggang.


Oleskan butter


Saat akan memanggang kalkun, oleskan
butter
secara merata di bagian dada kalkun dan tutupi dengan
alumunium foil.
Hal ini agar hasil kulit kalkun saat matang menjadi berwarna cokelat keemasan yang menggugah selera. Jika Anda tidak melakukan ini, dijamin bagian luar kalkun pun akan menjadi gosong.


Perhatikan suhu


Dibandingkan ayam, tekstur daging kalkun lebih tebal dan padat. Inilah yang membuat kalkun cukup sulit untuk dimasak. Oleh karena itu, jangan terlalu lama memanggangnya agar daging tak menjadi kering dan alot. Namun, jika terlalu cepat mengeluarkan kalkun dari oven, daging kalkun bisa jadi belum matang secara merata. Untuk itu, perhatikan suhu sebelum mulai memanggang. Panggang satu ekor kalkun selama tiga hingga tiga setengah jam dengan suhu 180 hingga 200 derajat celsius.


Gunakan wadah

Selalu gunakan wadah dengan permukaan agak dalam, sehingga lemak kalkun yang menetes saat dipanggang dapat tertampung dan tidak terbuang. Selain itu, minyak dari lemak kalkun dapat Anda bumbui serta dimasak kembali untuk dijadikan saus pendamping daging.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya