Menjaga Tanaman Tetap Hidup saat Ditinggal Liburan

Tanaman Hias untuk Udara di dalam Ruangan
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Ada banyak hal yang menjadi kekhawatiran seseorang ketika pergi meninggalkan rumah untuk berlibur panjang. Mulai dari nasib hewan peliharaan hingga tanaman kesayangan.

Harga Emas Hari Ini 24 April 2024: Global dan Antam Kompak Anjlok

Bagi yang menaruh tanaman di pekarangan hal tersebut tak jadi masalah. Sebab, tanaman masih memperoleh cahaya matahari yang cukup. Hanya saja, Anda memerlukan bantuan seseorang untuk membantu menyiram tanaman tersebut.

Nah, bagaimana dengan tanaman yang Anda taruh di dalam ruangan? Jika tidak dirawat dengan baik, tanaman akan mati saat Anda pulang dari liburan nanti.

AHY Cuti Demi Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran Jadi Presiden dan Wapres RI

Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa melakukan sejumlah trik berikut ini seperti dilansir laman Boldsky.


Ditanya Soal Kebencian Chef Arnold, Begini Jawaban Codeblu
Pot yang baik

Jika Anda ingin meninggalkan tanaman Anda untuk waktu yang cukup lama, cobalah menggunakan polimer untuk menahan kelembapan. Ini adalah salah satu cara yang efektif untuk menjaga tanaman tetap hidup selama liburan. Sebab, polimer membantu mempertahankan air untuk waktu yang cukup lama. 

Bungkus plastik

Jika Anda terlalu khawatir tentang mempertahankan kondisi lembap untuk tanaman Anda, siram tanaman lalu bungkus dengan lembaran plastik. Usahakan jangan sampai plastik menyentuh daun langsung. Setelah itu, buat beberapa lubang untuk oksigen pada tanaman Anda. 

Terkena matahari

Jangan pernah meninggalkan rumah Anda dengan tanaman yang tidak terkena sinar matahari. Biarkan tanaman tumbuh sesuai dengan musimnya. Simpanlah tamanan di dekat jendela, sehingga tanaman mendapatkan sinar yang cukup untuk tumbuh.

Kontrol suhu

Musim panas adalah waktu terbaik untuk liburan, tetapi bukan waktu yang baik untuk tanaman Anda. Ingatlah untuk selalu menjaga tanaman Anda dalam suhu yang aman.

Cari bantuan

Bila semua tersebut susah dilakukan ketika Anda berlibur, jangan ragu untuk meminta bantuan kepada kerabat atau tetangga untuk merawat tanaman. Agar Anda merasa nyaman, tanaman Anda bisa ditaruh di luar rumah agar kerabat atau tetangga bisa dengan mudah merawatnya. 

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya