5 Saus Pendamping Keripik yang Lezat dan Menyehatkan

Guacamole
Sumber :
  • campers: Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
Joint Operation Bea Cukai dan Polri Gagalkan Peredaran Kokain Cair dan Serbuk MDMA
- Tak lengkap rasanya menyantap keripik tanpa saus pendamping. Namun, banyak orang yang terbiasa menikmati keripik bersama mayones yang mengandung lemak tinggi. Padahal, masih banyak saus pendamping lain yang tak kalah lezat dan tentunya jauh lebih menyehatkan dari mayones. Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah. 

Han So Hee vs Hyeri: Drama Cinta Segitiga Ryu Jun Yeol Kembali memanas!
Berikut ini beberapa saus pendamping keripik yang menyehatkan seperti dilansir dari My Recipes.

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun
Salsa

Pico de gallo, atau lebih dikenal dengan sebutan salsa telah menjadi saus pendamping wajib di setiap hidangan asal Meksiko, mulai dari taco, nacho, burrito hingga fajita. Salsa disukai, karena rasanya yang segar. Cara membuatnya sangat mudahm yaitu dengan membuang biji tomat dan memotongnya berbentuk kotak-kotak kecil.

Tomat, kemudian diberi sedikit cuka, garam, lada, irisan bawang bombai, dan daun ketumbar. Cabai pun bisa Anda tambahkan untuk tendangan rasa pedas. Terakhir, air perasan jeruk nipis wajib ditambahkan. Tak melulu harus tomat, Anda juga boleh menggantinya dengan bahan lain seperti mangga yang memiliki cita rasa lebih asam dan manis.

Guacamole

Selain salsa, guacamole juga tak boleh ketinggalan di meja makan orang Meksiko. Tak ada salahnya Anda mencoba membuat guacamole sendiri di rumah untuk teman menyantap keripik yang lebih sehat. Pertama-tama Anda harus menghaluskan daging buah alpukat yang telah matang. Kemudian, tambahkan sedikit bawang putih halus, lada, dan garam. Anda bisa menambahkan minyak zaitun, daun ketumbar, atau basil untuk penambah rasa juga aroma. 

Baba ghanoush

Yang satu ini merupakan saus cocolan populer khas Timur Tengah, yang sangat menyehatkan. Baba ghanoush terbuat dari terong panggang yang dihaluskan dan dikombinasikan dengan tahini, atau biji wijen halus, kacang pinus panggang, jintan, dan bawang putih yang seluruhnya juga dihaluskan. Terakhir, tambahkan air perasan jeruk lemon.

Sour cream

Sour cream, atau krim asam adalah pengganti mayones yang sangat lezat. Anda bisa menambahkannya dengan bawang putih halus, garam, dan lada, kemudian tambahkan pula sedikit keju parmesan untuk rasa yang lebih nikmat. 

Greek Spinach Dip

Yang ini adalah salah satu saus pendamping kaya rasa khas Yunani. Basis sausnya menggunakan yogurt tanpa rasa yang dicampur dengan tumisan bayam, keju feta, irisan daun bawang, bawang putih halus, dill, dan air perasan jeruk lemon. Teksturnya juga begitu creamy, tak kalah dengan mayones. (asp)


![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya