Sederet Manfaat Luar Biasa Kakao

Ilustrasi biji cokelat
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Manfaat Mandi Cokelat untuk Kulit
- Anda penggemar cokelat? Pasti tahu bahwa cokelat terbuat dari  kakao atau yang dalam bahasa Inggris disebut cacao.

Manisnya Manfaat Cokelat bagi Kesehatan
Namun, selain cacao, ada pula cocoa yang selama ini dianggap sama oleh banyak orang, bahkan sama-sama diterjemahkan kakao dalam bahasa Indonesia.

Cokelat Kini Bisa Jadi Obat
Dilansir dari Huffington Post, cacao adalah cokelat mentah yang belum diproses sehingga rasanya kurang manis, namun mengandung magnesium dan flavanoid yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Sebenarnya keduanya sama-sama berasal dari pohon Theobroma cacao. Tapi perlu diketahui bahwa cacao adalah saudara cocoa yang lebih menyehatkan.

Cacao mentah dibuat dengan proses cold-pressing biji cocoa sehingga kandungan nutrisinya tetap terjaga. Sedangkan cocoa diproses secara berat dan dimasak dengan suhu tinggi serta ditambahkan banyak gula yang membuat manfaat kesehatannya menjadi lebih sedikit.

Meskipun rasanya sedikit berbeda dengan cokelat yang biasa Anda konsumsi, namun cacao (selanjutnya disebut kakao) bisa Anda gunakan sebagai bahan pembuat smoothie atau hidangan pencuci mulut. Untuk menambahkan rasa manis, Anda tinggal menambahkannya dengan madu dan buah-buahan.

Karena sederet manfaatnya itu, kakao sering disebut sebagai superfood dan bahkan pernah digunakan sebagai mata uang.

"Kakao dulu dianggap sebagai makanan para dewa oleh Suku Maya dan Aztec. Hal tersebut membuatnya berharga seperti uang," ujar seorang ahli gizi holistik Joy McCarthy.

Biji kakao kaya akan sejumlah mineral penting, termasuk magnesium, belerang, kalsium, zat besi, seng, tembaga, kalium dan mangan.

"Kakao adalah sumber magnesium alami nomor satu. Magnesium mampu menyeimbangkan zat-zat kimia di dalam otak, membangun tulang yang kuat serta membantu meregulasi detak jantung dan tekanan darah," jelas kepala herbalis di Neal Yard Remedies, Tipper Lewis.

Selain itu, kandungan antioksidannya yang tinggi juga mampu mendukung sistem kardiovaskular dan saraf dengan mencegah terbentuknya radikal bebas.

Lewis pun menambahkan bahwa kakao mengandung flavonoid jauh lebih banyak dibandingkan makanan lain seperti blueberry, wine merah, teh hitam dan hijau. Bahkan, kakao mengandung antioksidan yang jumlahnya empat kali lipat dari yang terkandung di dalam teh hijau.

Kandungan mineral kecantikan, sulfur atau belerang juga menambah deretan manfaat luar biasa kakao.

"Belerang mampu membangun kuku dan rambut yang kuat, mempercantuk kulit dan mendetoksifikasi hati," kata Lewis.

Seakan belum cukup, kakao juga ternyata bermanfaat dalam meningkatkan suasana hati dengan menambah tingkat serotonin dalam otak. Itu berarti kakao bertindak sebagai anti-depresan dan mampu membantu mengurangi gejala datang bulan serta mempromosikan rasa nyaman.

"Kakao juga merangsang sekresi endorfin, menghasilkan sensasi yang menyenangkan mirip dengan perasaan yang dirasakan ketika seorang pelari selesai berlari beberapa mil," tambah Lewis. (ren)

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya