Buah Segar Vs Buah Dalam Kemasan, Sehat Mana?

Acara Tarami Fruitmarket Tawarkan Cara Baru Menikmati Buah Asli
Sumber :
  • VIVA.co.id/Tasya Paramitha
VIVA.co.id
4 Tips Mencuci Buah dan Sayur Agar Terbebas Pestisida
- Buah menjadi salah satu makanan yang wajib dikonsumsi setiap harinya. Selain memberikan asupan serat, buah juga mengandung sederet nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Namun, buah ternyata begitu rentan akan proses oksidasi yang akan menghilangkan kandungan nutrisinya.

Bersihkan Usus dengan Tujuh Buah Ini
Menurut ahli gizi Emilia E Achmadi, bicara buah memang sangat sensitif dengan perusakan. Ia mengatakan, mengupas buah saja sebenarnya sudah memulai proses perusakan buah.

Lima Buah Pembersih Racun dalam Tubuh
"Jadi percuma juga mengonsumsi buah yang sudah dikupas, dipotong kecil-kecil lalu didiamkan di ruangan dengan suhu 25 derajat hingga berubah warna," ujarnya pada acara bertajuk "Tarami Fruitmarket Tawarkan Cara Baru Menikmati Buah Asli" di Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu, 15 April 2015.

Ia mengatakan bahwa proses oksidasi yang membuat buah berubah warna menjadi kecokelatan akan menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, ada baiknya mengonsumsi buah secara utuh atau jika ingin dikupas dan dipotong terlebih dahulu bisa langsung segera dikonsumsi setelahnya.

Lalu bagaimana dengan buah-buahan yang telah dikemas dalam produk seperti agar-agar atau minuman?

Emil mengatakan bahwa dirinya mengakui tidak semua produk buah dalam kemasan itu tak sehat. Namun, menurut dia banyak pula pabrik yang memiliki sistem khusus dengan alat-alat berteknologi canggih yang mampu menjaga kandungan nutrisi dalam buah agar tidak rusak.

"Perusahaan-perusahaan besar biasanya punya cara mengolah buah yang bagus. Mereka tahu caranya agar buah tidak terekspos oksigen, seperti temperaturnya harus sesuai untuk sterilisasi dan menjaga kandung nutrisi hingga sampai ke tangan konsumen," jelas Emil.

Jika mengolahnya benar, tak perlu bahan pengawet pun buah dapat tahan lama hingga berbulan-bulan.

Oleh karena itu, ia menyarankan masyarakat tak perlu ragu mengonsumsi produk buah dalam kemasan.

"Bagi orang yang sibuk, terkadang saat beraktivitas itu sulit untuk mengonsumsi buah segar. Nah, produk buah dalam kemasan pun bisa menjadi alternatif. Jadi jangan dibuat susah. Kalau kita mau sehat tapi dibuat susah ya semua orang juga males untuk melakukan effort," jelasnya.

Tapi ia mengingatkan agar konsumen selalu teliti dan cerdas dalam memilih produk buah kemasan untuk dikonsumsi. 

"Pokoknya produk yang ditambah bahan-bahan buatan itu bau dan teksturnya berbeda. Selain itu akan ada aftertaste yang juga berbeda. Jadi harus pintar-pintar memilih dan membaca label kemasan," tambahnya.
![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya