Keju Ampuh Bantu Turunkan Berat Badan?

Keju membuat orang jadi tidur lebih pulas.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Studi: Keju Berpotensi Bunuh Sel Kanker
- Anda telah lama ingin menurunkan berat badan, namun belum menemukan jenis diet yang cocok? Tak perlu khawatir, Anda bisa mencoba meningkatkan asupan keju sehari-hari. Itu karena sebuah studi yang baru-baru ini dilakukan menunjukkan bahwa mengonsumsi keju dapat membantu seseorang menurunkan berat badan. Selain itu, keju juga bisa menjadi cara menjaga berat badan agar tetap stabil.

Lima Makanan Tidak Sehat yang Punya Manfaat Kesehatan
Dilansir dari Independent, studi yang telah dipublikasikan di Journal of Agriculture and Food Chemistry tersebut meneliti mengenai proses yang disebut 'metabolisme keju'. Dalam studi itu, para peneliti dari University of Copenhagen dan Aarhus University membandingkan sampel urin dan sampel feses dari 15 orang pria yang melakukan diet yang terdiri dari produk susu seperti susu, keju dan mentega.

Manfaat Keju untuk Jantung
Studi yang sebagian didanai oleh Denmark Dairy Research Foundation itu lantas menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi keju atau susu selama period waktu tertentu memiliki komposisi bakteri usus yang berbeda.

Kelompok peserta studi yang mengonsumsi keju memiliki tingkat senyawa butirat dan asam lemak anti-inflamasi yang lebih tinggi. Asam lemak tersebut juga diketahui mampu meningkatkan produksi energi.

Senyawa butirat sendiri dalam beberapa keadaan mampu meningkatkan metabolisme, menjaga persentase lemak tubuh dan mencegah perkembangan obesitas, menurut sebuah studi yang dilakukan American Diabetes Association pada tahun 2009 silam.

Meski demikian, para peneliti menyarankan agar masyarakat tidak terburu-buru menyimpulkan bahwa keju benar-benar mampu menurunkan berat badan. Dibutuhkan serangkaian studi lebih lanjut untuk mengetahui hal-hal lain yang berkaitan dengan studi tersebut.

"Untuk menurunkan berat badan dengan sehat, yang harus dilakukan tetap melakukan diet seimbang," ujar salah seorang peneliti studi.
![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya