Biji Buah Semangka Ternyata Mengandung Segudang Nutrisi

Semangka.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Semangka menjadi salah satu buah musim panas yang menyegarkan. Kandungan air yang banyak dan rasanya yang manis membuat buah berwarna hijau ini begitu digemari.

Ini Efek Buruk Konsumsi Semangka Berlebihan

Namun, kebanyakan orang memilih untuk membuang bijinya saat mengonsumsi semangka. Padahal, biji buah ini dapat Anda olah dan konsumsi menjadi camilan yang sangat menyehatkan.

Ini terbukti dari banyaknya produk biji semangka yang telah dikemas dan dijual di berbagai supermarket di seluruh penjuru dunia. Memang, biji semangka harus ditanam terlebih dahulu hingga tumbuh dan bisa dikupas. Biji semangka kemudian dikeringkan dan siap untuk dikonsumsi.

Terkuak! Kedermawanan Babe Cabita Diam-diam Beli Baju untuk Anak Panti Asuhan

Seperti dilansir Huffington Post, kandungan nutrisi biji semangka sangat tinggi. Salah satunya protein, yakni sebanyak 10 gram per satu ons biji semangka. Jumlah tersebut sama dengan jumlah protein yang terkandung di dalam satu porsi greek yoghurt yang biasa Anda santap untuk sarapan.

Selain itu, kandungan nutrisi lain termasuk vitamin B, magnesium, lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang telah terbukti mampu mengurangi kadar kolesterol, menyembuhkan peradangan dan menurunkan risiko penyakit jantung serta stroke.

Sekjen PDIP soal Teman Megawati di Open House: Yang Tunjukkan Komitmen Indonesia Bukan Bagi Keluarga

Kalori yang terkandung di dalam satu ons biji semangka pun hanya sebesar 160 kalori. Jumlah tersebut lebih kecil dari jumlah kalori yang terkandung di dalam kacang almond dan biji bunga matahari. Begitu pula dengan kandungan lemaknya yang hanya sekitar 11 gram per satu ons.

Selain camilan, banyak pula orang yang menggunakan biji semangka sebagai salah satu topping hidangan pencuci mulut manis atau salad. Jadi, masih ingin membuang biji buah semangka?

(mus)



![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya