Delapan Kreasi Donat Unik di Dunia

Ilustrasi donat
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Bicara donat memang membuat siapa pun tergiur dengan kelezatannya. Ya, panganan yang terbuat dari adonan roti goreng ini begitu akrab di lidah kita.

Sepuluh Fakta Unik Tentang Donat

Donat bahkan telah menjadi panganan favorit dunia. Bahkan banyak negara yang memiliki versi donat mereka sendiri dengan nama dan bentuk yang berbeda namun memiliki cita rasa yang sama karena terbuat dari bahan-bahan yang sama.


RESEP: Lezatnya Donat Kentang Buatan Sendiri di Rumah
Saat ini terdapat begitu banyak kreasi donat yang sengaja dibuat untuk memanjakan para penggemarnya. Berikut ini adalah delapan varian donat unik yang pernah diluncurkan seperti yang dilansir dari The Telegraph.

Donat Rakun Ikut Merayakan Halloween
Keju pedas

Di India, sebuah kedai donat bernama Donut House belum lama ini meluncurkan varian donat dengan topping yang terbilang jarang digunakan yaitu keju parut dan bubuk cabai.

Sushi

Sebuah kedai donat di Thailand bernama Mister Donut juga pernah menawarkan menu donat unik yakni yang berbentuk layaknya sushi. Terdapat sembilan jenis donat yang dibentuk seperti sushi yang berbeda. Meski begitu, donat-donat tersebut tetap memiliki cita rasa manis.

Kimchi

Tren makanan Korea yang melanda di seluruh dunia nampaknya menjadi alasan bagi Dunkin Donuts untuk meluncurkan varian donat dengan isian kimchi atau acar sawi khas Korea. Karena memiliki isian, donat tersebut tidak berlubang melainkan berbentuk bulat layaknya roti isi.

Kentang goreng

Masyarakat Amerika Serikat begitu gemar menyantap kentang goreng. Itu lah sebabnya sebuah kedai donat, Psycho Donuts di California menciptakan varian donat yang sengaja dibentuk menyerupai kentang goreng. Memang agak aneh karena donat yang biasa berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya berganti menjadi berbentuk memanjang.

Rempah

India terkenal dengan hidangannya yang begitu kaya akan rempah. Itu lah alasan mengapa Donut House mengkreasikan menu donat yang diberi topping rempah-rempah mulai dari cabai hijau dan thyme.

Ikan

KFC pernah meluncurkan donat dengan cita rasa ikan yang sebelum digoreng dibaluri dengan tepung terlebih dahulu agar hasil akhirnya bertekstur layaknya nugget ikan.

Abon

Semakin lama memang semakin banyak diluncurkan donat dengan varian rasa savory atau gurih. Salah satunya ialah kreasi Dunkin Donuts yang diberi topping abon babi dan taburan rumput laut kering.

Foie gras

Kreasi di dunia kuliner memang tak ada batasannya. Donat pun bisa dibuat dengan isian foie gras atau hati angsa yang merupakan hidangan mewah khas Prancis. Ialah restoran di Brooklyn, New York yang menciptakan menu donat tersebut. Restoran bernama Do or Dine itu memilih foie gras dan selai anggur sebagai isian donat. Bagian atasnya pun diberi taburan garam dan gula halus.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya