Tips Jitu Memasak Pho di Rumah

Mie kuah khas Vietnam, Pho, dengan irisan daging dan bakso sapi
Sumber :
  • VIVAnews/Renne Kawilarang
VIVA.co.id
Kuliner Vietnam, Salah Satu yang Tersehat di Dunia
- Bicara mengenai kuliner Vietnam, pho adalah salah satu yang paling populer. Ya, pho adalah hidangan sup berbasis kaldu yang dikombinasikan dengan mi beras dan sayuran herbal. Pho juga umumnya dibuat dengan daging sapi atau ayam.

RESEP: Pho, Menu Lezat Menggugah Asal Vietnam
"Pho telah menjadi hidangan khas Vietnam yang paling mendunia karena cita rasanya yang segar dan terdiri dari begitu banyak jenis sayuran sehingga sangat menyehatkan. Terdapat sekitar 20 varian pho di Vietnam yang berbeda di tiap daerah," ujar Gerald Prinz, Executive Chef Hotel Gran Melia Jakarta saat ditemui VIVA.co.id beberapa saat lalu.

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick
Di negara asalnya, hidangan asal Vietnam Utara pada awal abad ke-20 ini begitu mudah ditemukan mulai dari di pinggir jalan hingga restoran modern. Masyarakat di Vietnam selatan biasa menyantap pho saat sarapan atau makan siang, sedangkan di Vietnam utara, pho bisa dinikmati sepanjang hari.

Jika Anda penggemar hidangan menyehatkan yang terbuat dari bahan-bahan segar ini, Anda wajib mencoba memasak pho sendiri di rumah. Namun, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memasak hidangan mi satu ini. Oleh karena itu, simak beberapa tipsnya berikut ini.

Gunakan air dingin

Gunakan air dingin untuk membuat kaldu. Rebus air dengan api sedang dan pertahankan api sehingga air tidak mendidih melainkan hanya simmering atau berbuih. Hal ini dilakukan agar cita rasa kaldu tidak rusak.

"Kalau air mendidih maka kaldu menjadi cloudy di bagian atas, itu tanda kaldu menjadi rusak. Itu sebabnya memasak kaldu itu tidak bisa sebentar karena harus dimasak perlahan," ujar Gerald.

Kuah bening

Salah satu karakteristik pho ialah kuah yang sangat bening hampir seperti air putih biasa. Untuk mendapatkan konsistensi kaldu tersebut, Anda harus menghaluskan bumbu hingga benar-benar halus. Jika bumbu naik di permukaan, Anda bisa mengangkatnya dengan menggunakan sendok. 

Sayur

Anda juga bisa menggunakan beragam sayur-sayuran sesuai selera. Beberapa jenis sayur yang selalu ada di penyajian pho ialah tauge, bawang bombai, chives, basil, dan daun ketumbar.

"Daun ketumbar adalah salah satu jenis sayuran yang wajib Anda gunakan saat membuat pho karena dia memberikan cita rasa dan aroma khas yang tidak bisa digantikan," tambah Gerald.

Variasi

Untuk topping daging, Gerald mengatakan masyarakat Vietnam memiliki begitu banyak varian pho yang dibedakan menurut daging yang digunakan seperti sapi, ayam atau seafood mulai dari kepiting hingga udang. Namun, ada pula versi pho khusus vegetarian yang menggunakan tahu dan jamur sebagai pengganti daging.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya