Ragam Hidangan Lezat dari Umbi Bunga Dahlia

Bunga dahlia
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Health Ministry Warns Dengue Fever to Bali Tourists
- Dahlia adalah salah satu jenis bunga yang indah dan terkenal dengan warna-warnanya yang cantik. Tapi siapa sangka ternyata dahlia bisa disantap menjadi hidangan lezat?

NasDem Sebut Surya Paloh Restui Jika Anies Ingin Maju di Pilkada DKI 2024
Dilansir dari Daily Mail, tumbuhan dahlia memiliki umbi yang jika diolah dapat dimasak menjadi beragam hidangan yang Anda inginkan. Itulah sebabnya sebuah perusahaan bernama Lubera saat ini tengah mengembangkan varietas dahlia yang bisa dikonsumsi.

Ramalan Zodiak Selasa 16 April 2024: Scorpio Bertemu Kenalan Lama, Ada Masalah Serius untuk Aquarius
Terdapat enam varietas antara lain Hoamatland, Black jack, Kennedy, Sunset, Munchen Flower dan Fantastic. Keenamnya diberi nama Deli Dahlia dan dijual dengan harga £4,99 atau hampir mencapai Rp65 ribu per pot berukuran 1,3 liter.

Masing-masing varietas tersebut juga memiliki dengan rasa yang berbeda. Ada yang cita rasanya seperti asparagus, ada pula yang mirip seledri dan adas atau sejenis tumbuhan berbunga.

Juru bicara Lubera mengatakan selama dua tahun penuh perusahaan telah bekerja dengan seorang petani dahlia asal Austria bernama Peter Haslhofer untuk mengembangkan varietas bunga dahlia yang bisa dikonsumsi.

"Suku Aztec menggunakan umbi dahlia sebagai makanan. Mereka tahu bahwa bunga dahlia tak hanya indah, namun juga menyehatkan. Sayangnya ketika dibawa ke Eropa pada tahun 1700-an, dahlia pun lebih dijadikan sebagai bunga hias," ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa umbi dahlia bisa digunakan sebagai pengganti kentang pada hidangan apa pun. Umbi tersebut bisa dimasak dengan cara dikukus, direbus, dipanggang hingga dihaluskan seperti mashed potatoes.

"Selain itu umbi dahlia juga kaya akan karbohidrat untuk energi. Dengan Deli Dahlias Anda akan mendapatkan dua hal yaitu bunga-bunga indah dan makan malam yang lezat," tambahnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya