Ini Manfaat Makanan Fermentasi Bagi Tubuh

Kimchi
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Tujuh Makanan 'Busuk' yang Menyehatkan
- Banyak orang memilih makanan fermentasi karena dapat membantu dalam meningkatkan nilai gizi makanan. Makanan tersebut juga memiliki beberapa manfaat lainnya. 

Enam Makanan Fermentasi Terbaik dan Menyehatkan
Tak hanya rasanya yang lezat bagi sebagian orang, namun ternyata makanan ini memiliki segudang manfaat bagi tubuh terutama dalam hal pencernaan. Berikut beberapa manfaat makanan fermentasi, seperti dilansir Times of India.

Manfaat Positif Konsumsi Acar
Pencernaan

Makanan fermentasi mudah dicerna karena mengandung probiotik. Selain itu, proses fermentasi membantu dalam membuat makanan lebih mudah dicerna karena makanan tersebut sudah hancur terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Kaya akan enzim

Tubuh memerlukan enzim untuk menyerap, mencerna, dan nutrisi. Bila tubuh kekurangan enzim, tentunya hal ini dapat menyebabkan beberapa penyakit.

Detoksifikasi

Makanan fermentasi membantu detoksifikasi dalam tubuh. Bakteri yang terkandung dalam makanan fermentasi dapat membuang racun dalam tubuh.

Mengembalikan keseimbangan bakteri dalam usus

Mereka yang menderita intoleransi laktosa, sembelit, sindrom iritasi usus, infeksi jamur, alergi, dan asma dapat menjalani hidup sehat jika mereka memasukan makanan fermentasi dalam menu harian mereka.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya