Ini Tujuh Tanaman Pengusir Nyamuk

daun mint
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Nyamuk serangga kecil yang mengganggu dan dapat menyebabkan beberapa penyakit serius. Selama musim hujan, air cenderung tergenang, sehingga menimbulkan tempat berkembang biaknya nyamuk. Begitu juga saat musim panas. Di musim panas nyamuk pun merajalela.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga lingkungan agar terbebas dari nyamuk. Tetapi, itu bukanlah hal mudah.

Tidak cukup dengan krim, cairan pengusir nyamuk, atau penolak kimia lainnya. Namun, harus ada pencegahan alami yang juga dapat menyehatkan lingkungan sekitar.

Cobalah mengusir nyamuk dengan cara alami, yakni menggunakan tanaman. Terdapat beberapa tanaman pengusir nyamuk, yang mudah ditemukan seperti dilansir dari Boldsky:
 
Bawang putih

Indonesia akan Kumpulkan 600 Juta Telur Nyamuk, untuk Apa?

Dengan aroma yang kuat, bawang putih dapat menolak kedatangan tamu nyamuk.

Rumput Citronella

Citronella dianggap sebagai tanaman pengusir nyamuk terbaik. Tanaman ini menciptakan pelindung terhadap nyamuk di sekitar rumah Anda. Tanaman ini sangat sensitif, sehingga baik untuk menjaga pot rumput di tempat yang dingin.

Kemangi

Kiper Persib Optimistis Hadapi Persita

Basil atau kemangi adalah ramuan yang memiliki aroma yang kuat. Ada banyak jenis kemangi tetapi lemon dan kayu manis basil adalah pengusir nyamuk yang andal.

Daun mint

Kita semua tahu bahwa daun mint memberikan rasa yang segar ketika ditambahkan ke salad dan makanan. Bau kuat daun mint juga ternyata dapat mencegah nyamuk dari rumah Anda.

Rosemary

Terungkap Motif Suami Bunuh Istri Lalu Timbun Jasad Korban Dalam Rumah di Makassar

Tanaman berbunga indah ini sangat bermanfaat sebagai obat pencegah nyamuk yang dapat dengan mudah tumbuh di dalam ruangan.

Lavender

Lavender adalah bunga ungu yang cantik dengan banyak sifat sebagai obat dan digunakan sebagai produk kecantikan. Lavender memiliki aroma yang menenangkan, namun memiliki kemampuan yang kuat untuk mengusir nyamuk.

Catnip

Ramuan obat lain yang dianggap sebagai pembunuh nyamuk adalah tanaman catnip. Catnip salah satu tanaman terbaik yang dapat tumbuh dalam ruangan untuk mengusir nyamuk.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya