Diplomasi Kuliner, Hadirkan Makanan Indonesia di Los Angeles

William Wongso (kanan)
Sumber :
  • Dok Istimewa

VIVA.co.id - Warga Los Angeles di Amerika Serikat, mendapatkan pengalaman unik pada Minggu malam, 26 April 2015, di restoran Hutchinson Cocktails and Grill, yang ada di kawasan West Hollywood. Pasalnya, malam itu mereka dapat menikmati masakan asli Nusantara yang disiapkan oleh master kuliner William Wongso.

Konsulat Jenderal Indonesia di Los Angeles, mendatangkan William dan tim untuk bersama-sama, dengan staf dapur Hutchinson mempersiapkan perhelatan malam yang special itu.

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim

William menyajikan rangkaian makanan otentik, dari berbagai daerah dengan caranya yang khas dan membuat sajian itu berkelas dunia. Sajian itu berkesan modern, artistik dan berkelas tinggi; tetapi tetap otentik dan membumi.

Saus rendang Padang yang sudah mendunia, diaplikasi dalam makanan utama, dengan pilihan daging sapi atau ayam bakar. Untuk makanan pembuka, disajikan asinan Jakarta yang menggugah selera.

Binte Buluhunta dari Gorontalo disajikan sebagai sup dengan bahan utama jagung dan daging kepiting. Sepiring paduan makanan manis penutup terdiri dari kue lumpur, kolak pisang, dan dawet ayu, membuat makan malam kian paripurna.

Acara makan malam istimewa itu, juga diiringi alunan musik jazz dari trio piano, gitar, dan cello akustik yang dipimpin warga Indonesia, Nita Sinaga, demikian informasi yang diterima via rilis.

Suasana malam itu terasa betul-betul sangat Indonesia. Panel-panel kayu, perabotan, ornamen dan dekor restoran Hutchinson memang sangat terinspirasi Indonesia, karena pemiliknya punya ikatan batin kuat dengan negara kita. Para hadirin pun banyak yang mengenakan busana batik.

Dengan lebih dari 17 ribu pulau sepanjang khatulistiwa, Indonesia dikaruniai keanekaragaman sebagai kekayaan bangsa. Makanan di Indonesia pun sangat beragam. Acara makan malam itu merupakan salah satu contoh baik dari keanekaragaman Indonesia. Konsep Bhineka Tunggal Ika sungguh terasa di sana.

“Kami ingin berbagi kekayaan bangsa Indonesia, yaitu keanekaragamannya kepada dunia. Dan mempromosikan makanan Indonesia adalah salah satu caranya,” tutur Umar Hadi, Konsul Jenderal Indonesia di Los Angeles. 

Acara ini diselenggarakan oleh Konsulat Jenderal Indonesia di Los Angeles dan Indonesian Trade Promotion Center berkolaborasi dengan the Hutchinson Cocktails and Grill. (one)

Makin banyak produk bahan makanan dan bumbu Indonesia dijual di Belanda

Kecap dan Sambal Indonesia Digandrungi Warga Amerika

KJRI pasarkan door to door ke para importir

img_title
VIVA.co.id
23 Mei 2015