Empat Makanan Sehat Penunda Lapar

Ilustrasi kacang almond
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id -  Mengontrol rasa lapar adalah hal yang sulit dilakukan untuk beberapa dari Anda. Karena itu, banyak sekali orang yang mengalami kenaikan berat badan, karena satu hal: ngemil.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Padahal, kebiasaan ngemil sudah terbukti menyebabkan gangguan kesehatan, salah satunya obesitas, jika dilakukan berlebihan. Untuk itu, siasatilah kebiasaan ngemil Anda, dengan bantuan beberapa makanan yang lebih sehat, namun tetap bisa mengganjal perut yang setengah lapar.

Makanan apa saja yang bisa dikonsumsi? Ini dia ulasannya, menurut Huffington Post.

Oatmeal

Kasus Film Porno Siskaeee Belum Juga Disidang, Ini Kata Polisi

Memulai hari dengan semangkuk oatmel sebagai sarapan adalah hal yang baik dilakukan untuk Anda yang sedang menghemat makan. Sebab, oatmeal mengandung banyak muatan serat, yang mempu membuat Anda kenyang lebih lama.

Selain itu, kandungan baik dari oatmeal juga berkhasiat untuk kesehatan jantung Anda. Kreasikan oatmeal Anda dengan menambahkan air, susu, atau buah, agar rasa lebih variatif, dan nutrisi lebih lengkap.

Yoghurt yunani

Penemuan Kerangka Manusia Pakai Sarung dan Peci Bikin Geger Pendaki Gunung Slamet

Kebaikan dari yoghurt yunani, ternyata selain dapat menjaga kesehatan organ cerna, ternyata juga bisa membuat perut kenyang lebih lama. Perbedaan yoghurt yunani dengan yoghurt biasa adalah proses pembuatannya. Yoghurt yunani, difermentasi secara alami, tanpa menggunakan bahan kimia, jadi keamanannya lebih terjaga.

Namun, rasa yang dimilikinya tetap selezat yogurt pada umumnya. Kandungan protein dan vitamin D-nya juga baik bagi tubuh. Pilihlah yoghurt tawar, agar lebih sehat dan sajikan bersama potongan buah, atau kacang-kacangan, agar rasanya lebih nikmat dan lapar tak datang dalam waktu singkat.

Alpukat

Jangan terlebih dahulu takut dengan buah pembawa lemak ini, karena kandungannya justru baik untuk Anda yang sedang diet. Kandungan yang dimiliki alpukat, seperti vitamin E, lemak baik, dan potassium, terbukti bisa melindungi kesehatan tubuh, serta memenuhi kebutuhan perut lebih lama.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Loma Linda University menyatakan, menyantap setengah porsi alpukat segar, bisa mencukupi kebutuhan nutrisi harian serta menjaga Anda dari rasa lapar.

Almond

Mencari camilan yang sehat dan aman disantap? Gorengan dan makanan ringan bukanlah jawabannya. Ambil segenggam almond dan nikmati sebagai camilan. Salah satu jenis kacang-kacangan, yang ternyata memiliki kandungan baik bagi tubuh.

Kandungan lemak, protein, dan serat yang dimiliki almond, bisa menjadi senjata penutup rasa lapar yang datang di waktu yang tak tepat. Selain dapat menunda lapar, mengonsumsi almond juga baik untuk yang sedang diet, dan bisa menjauhkan diri dari risiko terjadinya obesitas. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya