Tips Menjaga Makanan Agar Tetap Segar Ketika Dihidangkan

Ilustrasi lemari es atau kulkas
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Enam Jenis Makanan yang Pantang Masuk Lemari Es
- Bahan makanan yang segar atau baru dibeli sebaiknya harus segera diproses. Mungkin hal ini terlihat biasa saja, namun proses yang lebih cepat dapat menjaga kualitas dari makanan yang disajikan.  

Ini Alasan Roti Tak Boleh Disimpan di Lemari Es
Bila tidak cepat disajikan bahan makanan sebaiknya disimpan di tempat yang benar. Contohnya, ikan yang difillet dapat segera dijadikan hidangan atau simpan dengan suhu yang benar.

Sepuluh Tips Simpan Makanan di Kulkas
Sebaiknya menyimpan makanan yang mudah rusak di lemari pendingin dengan suhu yang tepat agar tidak ada bakteri yang berkembang di bahan makanan.

"Pengaturan suhu yang tepat menghindari berkembangnya mikrobakteria," kata Vindex Tengker, professional Chef di Senayan Golf Driving Range hari Rabu 29 April.

Berikut makanan yang sebaiknya disimpan di lemari pendingin atau kulkas.

Daging dan seafood

Bahan makanan ini sebaiknya disimpan dengan suhu (kulkas) 0 derajat hingga 4 derajat celcius. Setelah lunak (dalam kulkas) bahan harus dikonsumsi dalam waktu 1 hari dan jangan dibekukan karena menghilangkan kandungan nutrisi. Setelah dikeluarkan dari dalam kulkas, masaklah dalam waktu maksimal 2 jam.

Sayuran

Suhu yang paling tepat untuk menyimpan sayuran adalah pada suhu 2 derajat hingga 4 derajat celcius. Setelah dikeluarkan sebaiknya langsung diolah agar terjaga kesegarannya.

Produk susu

Susu yang tidak disimpan di lemari pendingin akan cepat basi. Untuk itu sebaiknya susu disimpan di kulkas pada suhu kurang dari 5 derajat celcius. Dan jangan lupa untuk memperhatikan jadwal kadaluwarsanya. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya