Empat Sajian Asin Ini Berbahaya Bagi Jantung Anda

French fries atau kentang goreng
Sumber :
  • istockphoto
VIVA.co.id - Asosiasi Jantung Sehat Amerika telah merilis empat jenis makanan berbahaya bagi jantung karena mengandung tingkat natrium yang tinggi. Mencengangkan, dari keempat jenis tersebut merupakan makanan yang sehari-hari biasa kita makan.
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Empat makanan tersebut dianjurkan dikurangi konsumsinya, karena mengandung zat garam yang tinggi. Zat garam atau natrium yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah, serta memacu berbagai penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung. 
Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin

Penelitian menunjukan bahwa masyarakat modern rata-rata mengonsumsi natrium dua kali lebih banyak dari yang mereka butuhkan, yakni sekitar  3.400 miligram setiap hari. Padahal jumlah natrium yang dibutuhkan tubuh hanya berkisar antara 1.500 hingga 2.300 miligram setiap hari. 
Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas

“Sebaiknya kita membatasi asupan natrium, yang banyak terkandung dalam makanan siap saji,” ujar Linda Van Horn, ahli gizi dari Universitas Northwesthern, dilansir Times of India.

Kelebihan natrium tersebut dapat dikurangi dengan mengurangi konsumsi enam jenis makanan di bawah ini:

Sandwich beku

Sandwich beku biasanya terasa nikmat karena asin. Itu letak bahayanya. Sandwich siap saji mengandung lebih banyak garam dibanding sandwich segar.

Daging asap

Dalam satu penyajian daging asap kalkun, misalnya, mengandung 1050 mg natrium. Hindari juga taburan daging asap di atas pizza atau sandwich.

Makanan beku

Daging olahan seperti olahan ayam, sapi, bahkan seafood beku mengandung rata-rata sekitar 600mg garam. 

Sup siap saji

Sup siap saji mengandung lebih banyak garam dibanding sup yang dimasak langsung.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya