Alasan Makanan di Pesawat Tidak Terasa Lezat

Ilustrasi Makanan Pesawat
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Yuk, Kulineran Sambil Nonton Layar Tancap di Pasar Senggol
- Saat pergi traveling ke luar negeri, Anda harus menghabiskan waktu berjam-jam mengudara dan seringkali tak bisa menikmati makanan yang disajikan di pesawat.

Foodigitalpreneur, Cara Zomato Ajak Pebisnis FnB Melek Tren Digital
Ya, banyak orang mengatakan bahwa makanan di pesawat tidak enak atau memiliki cita rasa yang sedikit aneh. Ternyata, kondisi tersebut dikarenakan lingkungan yang tidak kondusif. Itu diungkapkan oleh sebuah studi yang belum lama ini dilakukan oleh para peneliti di Amerika Serikat.
 
Akhir Pekan, Waktunya Icip-icip 5 Kuliner Yummy di Jakarta
Seperti dilansir dari Daily Mail, studi mengungkap bahwa mesin pesawat yang bising dan suara-suara yang ditimbulkan oleh puluhan penumpang yang duduk di sekitar Anda lah yang membuat makanan di pesawat terasa tidak enak.

"Studi kami menunjukkan bahwa dalam lingkungan yang dipenuhi dengan suara-suara keras, kemampuan indera perasa pun akan terganggu," kata Robin Dando, asisten profesor ilmu makanan di Cornell University.

Dalam studi tersebut, peneliti melibatkan sebanyak 48 peserta yang sebagian di antaranya ditempatkan di dalam ruangan dengan suara bising seperti suara di kabin pesawat. Sementara itu, sebagian lainnya ditempatkan di dalam ruangan yang sunyi tanpa gangguan suara apa pun.

Mereka kemudian diberi makanan yang sama. Hasilnya, peserta yang menikmati makanan di tengah kondisi bising mengatakan makanan mereka tidak lezat.

"Menariknya, khusus rasa manis dan umami secara signifikan tidak dapat dirasakan dengan maksimal oleh mereka yang bersantap di dalam ruangan yang bising," kata Dando.

Bagi Anda yang belum tahu, umami merupakan rasa gurih asam amino seperti glutamat dalam makanan.

Lebih lanjut, Dando mengatakan, kondisi lingkungan di mana Anda mengonsumsi makanan dapat mengubah persepsi mengenai makanan yang dimakan.

Tim peneliti juga mengatakan, mereka menduga alasan rasa manis dan umami tidak bisa dirasakan secara maksimal saat berada di lingkungan yang tidak kondusif, adalah efek yang mungkin disebabkan oleh saraf chorda tympani di bagian tengah telinga.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Psychology: Human Perception and Performance dinilai dapat membantu para ahli membuat makanan di pesawat yang lebih baik, dengan memilih rasa makanan yang sesuai kondisi lingkungan yang bising. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya