Mencicip Gonggong, Kuliner Khas Kepulauan Riau

Gonggong, siput laut khas Kepulauan Riau.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Riska Herliafifah

VIVA.co.id - Apa yang Anda ketahui dari Kepulauan Riau? Gugusan pulau yang indah, pantai yang mempesona dan padang golf yang luas? Ada satu lagi, kuliner khas yang menerbitkan air liur.

Mencicipi Es Krim Nasi Uduk di 'Best Flavor of The World'

Ya, Kepulauan yang beribukotakan Tanjung Pinang ini menyimpan destinasi wisata kuliner yang menakjubkan. Kepri, singkatan dari Kepulauan Riau, dikenal dengan panganan lautnya. Salah satunya adalah gonggong.

Nama yang cukup unik untuk makanan lezat ini. Gonggong diambil dari nama jenis siput laut yang terdapat di sekitar Kepulauan Riau. Panganan ini banyak ditemui di pulau Bintan.

Summer Paradise Festival 2016 Siap Digelar Besok

Bentuk cangkang siput gonggong panjang dan spiral. Berbeda dengan siput sawah yang sering ditemui di pasar-pasar. Sekilas, cangkak siput ini cukup cantik digunakan sebagai hiasan rumah, bila daging sudah disantap tentunya.

Proses pembuatannya cukup sederhana. Direktur Eksekutif Badan Promosi Pariwisata Kepulauan Riau, Sapril Sembiring menjelaskan, gonggong biasanya disajikan dengam cara direbus.

Festival Kuliner Prancis Digelar Serentak di Dunia

"Setelah direbus, bisa langsung disantap dengan sambalnya. Bisa asam bisa pedas," katanya saat ditemui di Festival Kulimer Kepulauan Riau di Mall of Indonesia, Kelapa Gading, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Cara merebusnya, lanjut Sapril, gonggong direbus dengan garam dan irisan jahe untuk menghilangkan bau amis. Mengenai rasa, jangan ditanya. Tekstur daging gonggong yang cukup lembut dan kenyal akan menggoyang rongga mulut Anda. Ditambah dengan sambal yang semakin memperkaya cita rasa lidah Anda.

Soal sambal, gonggong bisa disajikan dengam berbagai macam jenis. Ada yang memakai sambal kacang, asam manis, pedas, dan sambal kecap.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya