Trik Jitu Agar si Kecil Bangun Lebih Pagi

Ilustrasi anak tidur
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Agar Hari Pertama Anak Masuk TK Berjalan Lancar
- Bangun tidur lebih awal di pagi hari akan menjaga pikiran dan tubuh tetap segar. Begitu pula dengan anak-anak. Bangun pagi juga menentukan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, memang ada kalanya anak-anak sulit untuk bangun lebih pagi.

Cara Nadia Mulya Disiplinkan Anak
Sebagai orang tua, penting bagi Anda mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan buah hati untuk tidur. Diskusikan dengan dokter anak Anda mengenai hal ini.

Menjelaskan Kematian pada Anak Usia Dini
Perlu diketahui bahwa pola tidur yang baik adalah salah satu cara terbaik untuk membuat anak bangun pagi hari. Ajari mereka untuk mengikuti jadwal rutin, sehingga jam biologis tubuh pun akan berfungsi dengan baik. 

Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan jam bangun tidur anak di pagi hari seperti waktu sekolah, jadwal keluarga Anda, dan tingkat kenyamanan anak.

Terdapat beberapa trik yang dapat Anda lakukan untuk membuat anak bangun pagi, sehingga orang tua tak perlu repot-repot membangunkan mereka setiap hari. Berikut ini adalah beberapa di antaranya seperti yang dilansir dari Boldsky.

Tidur lebih awal

Anda perlu mengetahui jadwal sehari-hari mereka agar tahu seberapa lelah si kecil. Setelah itu, biasakan mereka tidur lebih awal dan hindari membiarkan mereka bermain hingga larut malam. Ini adalah cara terbaik membuat mereka bangun pagi tepat waktu.

Hindari anak tidur siang terlalu lama

Anak perlu beristirahat di siang hari agar mereka kembali segar di sore hari dan tidak susah tidur pada malam hari. Namun, tidur siang terlalu lama justu akan membuat mereka segar hingga larut malam. Oleh karena itu, pastikan mereka tidur siang satu hingga dua jam saja.

Beri semangat

Selalu antar anak Anda tidur dengan semangat dan harapan yang baik untuk keesokan hari. Ini terdengar sederhana, namun sangat efektif membuat mereka bersemangat di pagi hari. Tak perlu ragu untuk memberi tahu mereka mengenai jadwal sekolah atau kegiatan esok hari, agar mereka mengetahui pentingnya tidur lebih awal dan bangun pagi-pagi. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya