Delapan Tips Usir Bau Tidak Sedap di Kamar Mandi

Ilustrasi kamar mandi
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Tujuh Tips Merancang Kamar Mandi Idaman
- Menjaga tempat tinggal tetap bersih dan bebas dari bau tidak sedap adalah hal yang patut dilakukan semua orang. Kamar tidur, ruang tamu, dapur dan area makan harus selalu dibersihkan secara rutin, termasuk kamar mandi yang rentan dengan bau tidak sedap. 

Lionel Richie Jualan Produk Rumah Tangga
Terdapat banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kamar mandi tetap bersih dan segar. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips mengusir bau tidak sedap di kamar mandi seperti yang dilansir dari Boldsky.

Inspirasi Desain Hunian Tak Merusak Alam
Sirkulasi udara

Buka jendela di kamar mandi pada waktu siang hari untuk menciptakan aliran udara. Ini adalah salah satu cara efektif untuk mencegah bau tidak sedap. Jika tidak ada jendela, pasang exhaust di dalamnya agar sirkulasi udara berjalan lancar.

Gunakan pengharum ruangan

Salah satu cara termudah untuk menghilangkan bau tidak sedap di kamar mandi adalah dengan menggunakan pengharum ruangan. Pilih aroma yang Anda sukai. Aroma kayu putih juga bekerja sangat baik dan akan menyegarkan kamar mandi setiap saat.

Bersihkan secara rutin

Menggunakan pengharum ruangan pun tidak cukup. Anda juga harus membersihkan kamar mandi secara rutin setiap hari atau beberapa hari sekali. Hal ini akan membuat kamar mandi bebas dari bau tidak sedap yang mengganggu.

Gunakan baking soda

Bahan dapur seperti baking soda pun bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan toilet dan mengusir bau. Caranya dengan meletakkan secangkir baking soda di dalam kloset dan biarkan selama satu jam kemudian siram dengan air bersih.

Minyak esensial

Jangan menggunakan minyak esensial seperti lavender di kamar tidur. Anda pun bisa menggunakannya untuk menciptakan kesegaran di dalam kamar madi. Campurkan minyak dengan sedikit air dan semprot secara berkala.

Lilin aromaterapi

Lilin aromaterapi juga menjadi salah satu cara menghilangkan bau tidak sedap di kamar mandi dengan cepat. Aroma lilin saat dinyalakan akan menetralisir bau yang akan membuat kamar mandi menjadi segar.

Jaga agar tetap kering

Jika lantai dan dinding kamar mandi dibiarkan basah secara terus menerus, bau tidak sedap pun akan muncul. Untuk itu selalu jaga lantai dan dinding kamar mandi tetap kering. Jangan malas untuk menyikat lantai dengan pembersih dan membiarkannya kering dengan membuka pintu atau jendela.

Gunakan cuka

Bahan dapur lainnya yang bermanfaat untuk mengusir bau tidak sedap ialah cuka. Banyak orang yang sering merokok di kamar mandi dan bau rokok pun akan tinggal di dalamnya. Untuk itu, tuangkan cuka putih pada kain pembersih dan ayunkan ke udara berulang kali. Ini akan menyerap bau rokok dan membuat kamar mandi kembali segar.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya