Ragam Fungsi Warna Bagi Kesehatan

Buah dan sayur
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Warna memiliki banyak fungsi. Warna baik sebagai perangsang simulasi otak dan mata, khususnya untuk para bayi. Warna juga berguna untuk kesehatan. Tentunya warna yang dibicarakan adalah warna beberapa bahan makanan seperti buah dan sayur.

Tips Aman Menyimpan Sayur dan Buah

Lalu warna apa saja yang dibutuhkan tubuh dan apa manfaatnya? Ini dia ulasannya yang VIVA.co.id kutip dari laman Times of India.

Merah
Makanan berwarna merah, memiliki kandungan baik, yakni kandungan phytochemical sekelas lycopene dan anthocyanin. Kedua zat ini terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung, menajamkan daya ingat, serta mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Oranye
Bukan hanya jeruk, beberapa sayuran seperti paprika dan wortel, terbukti baik bagi tubuh, karena mengandung antioksidan, carotanoid, dan bioflavonoid, yang dapat secara optimal memberikan khasiat pada kesehatan kulit dan mata Anda.

Kuning
Sama dengan makanan berwarna oranye, makanan berwarna kuning juga mengandung carotene, yakni alfa dan beta carotene, yang juga baik bahi kulit, mata, serta menjauhkan risiko kanker.

Hijau
Makanan kehijauan, yang sebagian besarnya adalah sayuran, adalah bahan makanan baik yang mengandung senyawa lutin dan indoles, yang diketahui dapat menyehatkan mata, menguatkan tulang, dan memerbaiki sistim imun.

Putih
Bahan makanan yang warnanya putih, diketahui mengandung zat kolesterol rendah, yang tidak berbahaya dan memicu beberapa penyakit seperti hipertensi, diabetes, maupun penyakit kardiovaskuler.

Kulit sehat. Foto ilustrasi.

Tujuh Kulit Sayuran Ini Bermanfaat Merawat Kulit

Kulit mentimun membantu mengurangi noda hitam di kulit.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2016