Studi: Suara Bising Sebabkan Gemuk

Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Camilan Malam yang Tak Bikin Gemuk
- Suara bising yang ada di lingkungan tempat tinggal Anda tak hanya mengganggu dan mengurangi rasa nyaman, namun juga bisa berdampak pada berat badan. Ya, sebuah studi yang belum lama ini dilakukan menunjukkan bahwa kebisingan atau suara keras mampu membuat seseorang menjadi lebih gemuk.

Bahaya Tubuh Gemuk untuk Kesehatan
Seperti yang dilansir dari Food Beast, studi yang dilakukan oleh tim peneliti Swedia tentang efek metabolisme itu menemukan hubungan antara kebisingan lingkungan dan peningkatan berat badan.

Cara Unik Pelatih Kebugaran Bantu Klien Kuruskan Badan
Studi tersebut dilakukan pada 5.000 orang di Stockholm. Menurut para peneliti, mereka yang tinggal di dekat daerah yang bising seperti bandara, rel kereta api atau daerah padat lalu lintas ternyata cenderung lebih gemuk dibandingkan orang yang tingal di lingkungan yang tenang dan jauh dari suara bising.

Suara keras memang dapat menyebabkan kurang tidur dan stres berkepanjangan. Namun, para peneliti menduga bahwa kebisingan lingkungan juga mampu meningkatkan kortisol atau hormon yang dikenal untuk merangsang pertumbuhan lemak.

Menurut studi, tinggal di dekat daerah padat lalu lintas akan membuat lemak seseorang 0,21 sentimeter lebih tebal. Sementara itu, mereka yang tinggal di dekat rel kereta api memiliki lemak 0,46 sentimeter lebih tebal.

Mereka yang tinggal di dekat bandara memiliki lemak 0,99 sentimeter lebih tebal dari orang yang tinggal di lingkungan tenang. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya