Asupan Terbaik untuk yang Berpuasa

Ilustrasi wanita makanan sehat
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Menjajal Nikmatnya Surf n' Turf Olahan Chef Buli
- Ketika kita berpuasa tubuh kita mengalami penuruan tenaga dan cairan karena berkurangnya asupan yang masuk ke dalam tubuh. Namun, hal ini bisa diganti dengan asupan yang bergizi ketika sahur atau berbuka puasa.

Yuk, Jelajahi Kuliner Nusantara di Sini
Berikut beberapa asupan yang baik untuk orang yang berpuasa, seperti dilansir laman Gulfnews. 

Kreasi Kuliner Paduan Eropa dan Madiun, Sandwich Pecel
Buah-buahan segar

Buah-buahan adalah asupan yang sangat baik sebagai pengganti elektrolit yang hilang selama berjam-jam ketika berpuasa. Menjelang berbuka puasa, kebanyakan orang memiliki kadar gula darah yang rendah dan buah-buahan segar dapat menyediakan karbohidrat kompleks serta serat untuk membantu meningkatkan kadar glukosa dan membantu pencernaan.

Kurma

Kurma memiliki berbagai macam vitamin dan mineral seperti Vitamin A, B6, kalium, natrium alami, besi dan magnesium. Tubuh orang berpuasa memiliki cadangan nutrisi yang rendah, oleh karena itu kurma dapat membantu untuk mengisinya. 

Gula alami dalam kurma akan memberikan energi instan yang diperlukan ketika shalat malam. Bagian yang dimiliki oleh kurma adalah kurma bekerja juga sebagai pencahar ringan dan meringankan sembelit yang disebabkan perubahan gaya hidup secara mendadak selama bulan Ramadhan.

Daging, ayam, ikan

Menu ini harus menjadi bagian menu buka puasa yang sehat. Kadar protein membantu membantu orang merasa lebih cepat kenyang dan tahan lama. 

Salah satu hal yang kebanyakan orang hadapi ketika berpuasa adalah berkurangnya massa otot. Daging sapi, domba, ayam, atau ikan dapat memastikan agar massa otot tidak hilang.

Roti

Merupakan makanan yang baik untuk diet, namun ketika berpuasa makanan ini sebaiknya menghindari roti putih. Hal ini karena dapat membuat kadar gula meninggi karena Anda akan merasa ingin memakan roti putih ini terus menerus.

Sayuran segar

Makanan ini rendah kalori, tinggi serat, dan juga memberikan dosis ekstra nutrisi. Selain itu sayuran juga bisa membantu pencernaan dan tidur.

Air minum

Seliter air lemon baik diminum bersama sebanyak satu sampai dua liter air putih. Air lemon memiliki manfaat positif pada hati. Hal ini karena mempunyai vitamin C yang cukup dan juga menghidrasi otot yang membuat orang menjadi lebih segar atau tidak lesu dan cepat lelah.

Minum terlalu banyak teh akan meningkatkan pengeluaran air urin dan menyebabkan hilangnya garam mineral berharga. 

Hindari minuman berkafein empat atau lima hari sebelum bulan puasa dan secara bertahap mengurangi asupan ini agar tidak terjadi sakit kepala, perubahan suasana hati, dan mudah tersinggung ketika berhenti minum secara mendadak. (ren)   

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya