Tips Membekukan Telur Agar Aman Dikonsumsi

Ilustrasi telur
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Panduan Memasak Kuning Telur Sesuai Selera
- Selama ini kebanyakan orang menyimpan telur di rumah dengan meletakkannya di dalam lemari es. Banyak yang tidak tahu bahwa seperti produk hewani lainnya, telur juga dapat disimpan dengan cara dibekukan.

Ketahui Aturan saat Masak Menggunakan Telur
Ya, dilansir dari Huffington Post, telur yang dibekukan dapat disimpan hingga satu tahun lamanya, menurut American Egg Board.

RESEP: Tergoda Lumernya Telur Setengah Matang
Tetapi perlu diingat bahwa tidak seperti bahan masak lainnya, telur memiliki kandungan unik sehingga harus dipersiapkan sebelum dibekukan di dalam freezer.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips membekukan telur yang patut disimak sehingga telur aman untuk dikonsumsi.

Jangan bekukan telur dengan kulit

Jangan pernah membekukan telur dengan kulitnya. Telur akan membesar ketika membeku.

Dipecahkan terlebih dahulu

Untuk membekukan telur, baik putih dan kuningnya, Anda perlu memecahkan telur dan mengaduknya terlebih dahulu. Kemudian masukkan ke dalam wadah dan tutup rapat. Anda bisa menggunakan wadah plastik dengan segel. Jangan lupa menuliskan jumlah telur dan tanggal yang menunjukkan kapan telur tersebut dibekukan.

Keluarkan dari freezer

Ketika Anda akan memasaknya, keluarkan telur dari freezer dan biarkan selama beberapa waktu hingga mencair. Anda bisa memasaknya menjadi telur dadar, orak arik, quiche dan hidangan lainnya.

Pisahkan kuning dengan putihnya

Untuk membekukan putih telur, pisahkan dari kuning telur dan pastikan tidak ada sedikit pun kuning yang tercampur.

Putih telur

Agar lebih cepat mencair, Anda bisa membekukan putih telur di pinggan pencetak es batu. Tiga sendok makan putih telur setara dengan satu butir telur.

Kuning telur

Membekukan kuning telur sedikit lebih tricky karena suhu dingin mampu membuat kuning telur mengental atau berubah menjadi gel. Untuk menghindari hal tersebut, tambahkan 1/8 sendok teh garam untuk 1/4 cangkir kuning telur jika Anda ingin menggunakannya untuk memasak hidangan savory atau gurih. Namun, jika Anda ingin memasak hidangan manis, tambahkan 1 1/2 sendok teh gula sebelum membekukan kuning telur.

Cairkan

Anda juga bisa mencairkan telur yang beku dengan meletakkannya di lemari es semalaman penuh atau di bawah keran dengan air dingin yang mengalir.

Langsung dimasak

Setelah telur beku dicairkan, Anda harus segera menggunakannya untuk dimasak.

Hidangkan matang

Gunakan telur beku yang telah dicairkan hanya untuk hidangan-hidangan dengan resep yang melibatkan proses memasak telur. Jangan menggunakannya untuk resep yang melibatkan telur mentah seperti tiramisu misalnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya