Delapan Fakta Menarik tentang Lobster

Ilustrasi lobster
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Menjajal Nikmatnya Surf n' Turf Olahan Chef Buli
- Lobster telah menjadi bahan makanan yang mewah dan berharga tinggi. Itu karena cita rasanya yang demikian lezat serta ukurannya yang besar. Tentu saja itu berarti daging yang melimpah. Lobster juga cukup sulit untuk ditangkap.

Yuk, Jelajahi Kuliner Nusantara di Sini
Lobster umumnya dimasak dengan cara direbus dan dibakar. Dengan dua proses memasak ini, daging lobster akan terasa begitu lembut di lidah. Apalagi jika dimasak dengan tambahan butter yang membuat dagingnya menjadi kaya rasa. 

Kreasi Kuliner Paduan Eropa dan Madiun, Sandwich Pecel
Bagi Anda pencinta hewan crustacea satu ini, mungkin belum mengetahui beberapa fakta menarik mengenai lobster. Sebagian diantaranya bahkan akan membuat Anda tercengang.

Untuk itu, simak beberapa fakta menarik mengenai lobster seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini.

Lobster betina

Lobster betina melepaskan kulit cangkang mereka saat akan kawin dengan lobster jantan. Untuk tumbuh dewasa, lobster memang harus melepaskan cangkang mereka dan menumbuhkan cangkang baru yang lebih besar. Lobster betina tanpa cangkang yang tengah bereproduksi akan menempel pada lobster jantang selama 10-14 hari hingga ia kembali dilindungi dengan cangkang baru. Lobster betina juga dapat menyimpan sperma hingga dua tahun lamanya sebelum menggunakannya untuk membuahi sel-sel telurnya. Fakta menarik lainnya, lobster betina dapat menyimpan sperma dari beberapa lobster jantan yang berbeda.

Saluran pencernaan

Lobster buang air kecil lewat saluran yang ada di area wajah mereka. Ya, lobster memiliki saluran urin tepat di bawah mata. Lobster juga membuang air kecil di wajah lobster lain sebagai cara berkomunikasi, baik ketika sedang berkelahi atau kawin.

Racun

Bagian berwarna hijau di dalam tubuh lobster disebut tomalley. Ini adalah jaringan pencernaan yang berfungsi sebagai hati dan pankreas. Beberapa orang menganggap tomalley lezat, namun badan keamanan pangan Amerika Serikat (FDA) tidak merekomendasikan untuk mengonsumsi anggota tubuh hewan yang memiliki warna hijau karena bisa jadi terkontaminasi dengan racun.

Dua perut

Lobster memiliki dua perut. Satu berada di bagian tengah tubuh dan satu lagi ada di kepala mereka dan memiliki gigi. Ini adalah cara mereka melumatkan makanan. Perut yang berada di bagian tengah tubuh mereka membantu mencerna makanan.

Kekuatan capit

Satu capit lobster dapat mengerahkan 100 pon tekanan per inci persegi. Itu berarti lobster seberat kurang lebih 10 kilogram mampu mematahkan lengan seorang pria dewasa.

Melepaskan kulit cangkang

Lobster dapat melepaskan kulit cangkang mereka dalam keadaan darurat. Cangkang akan tumbuh kembali selama periode molting. Seekor lobster dengan usia rata-rata hewan ini pada umumnnya meranggas dan menumbuhkan kembali kulit mereka 20-30 kali selama hidupnya.

Menjadi makanan hewan 

Pada abad ke-17, lobster menjadi bahan makanan yang melimpah ruah sehingga dagingnya sering dijadikan makanan babi dan cangkangnya digunakan sebagai pupuk. Pada masa itu bahkan terdapat hukum yanh disahkan berisi larangan memberi makan daging lobster kepada asisten rumah tangga atau tahanan lebih dari tiga kali seminggu.

Kanibal

Lobster adalah hewan kanibal. Jika mereka kekurangan makanan, mereka akan memakan satu sama lain.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya