Manfaat Positif Konsumsi Acar

Ilustrasi acar
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Fermentasi adalah salah satu tekni pengawetan makanan alami yang paling kuno dan telah dilakukan sejak zaman dahulu di seluruh dunia. Untuk melakukan fermentasi, biasanya dilibatkan beberapa jenis bakteri yang aman dikonsumsi.

Alasan Harus Makan Pisang Lebih Banyak

Bukan merupakan rahasia jika makanan fermentasi seperti acar memiliki deretan manfaat kesehatan mulai dari menyehatkan pencernaan, detoksifikasi hingga menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus. 

Bahkan kimchi, acar sawi putih asal Korea beberapa waktu lalu sempat dinobatkan menjadi salah satu makanan tersehat di dunia. 

Makanan Sehat Ini Ternyata Tidak Aman Bagi Tubuh

Namun, acar ternyata juga memiliki satu lagi manfaat kesehatan yang tak boleh diremehkan. Ya, acar mampu menurunkan tingkat kecemasan seseorang. Hal itu diungkapkan oleh sebuah studi yang belum lama ini dilakukan.

Dilansir dari Food Beast, studi yang telah dipublikasikan di jurnal Psychiatry Research tersebut melibatkan sebanyak 700 mahasiswa dan dilakukan oleh para peneliti di William & Mary dan University of Maryland. 

Mencicipi Lumpia Sayur Saus Thailand, Lezat dan Menyehatkan

Menurut hasil studi, mereka yang gemar menyantap acar seperti kimchi dan sauerkraut, acar kubis khas Jerman mengalami kecemasan sosial yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak suka acar.

Laporan studi juga menunjukkan efek tersebut jauh lebih kuat pada mereka yang tinggi akan neurotisisme.

 Tim senam Amerika Serikat di Olimpiade Rio de Janeiro,Brasil

Terungkap, Menu Makanan Para Juara Olimpiade

Jangan kaget dengan banyaknya kalori yang mereka konsumsi setiap hari.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016