6 Ulah Orangtua yang Sering Buat Anak Merasa Malu

Ilustrasi remaja putri
Sumber :
  • istockphoto
VIVA.co.id
Cara Shahnaz Haque Pilih Pendidikan untuk Anak
- Mengurus anak yang telah menginjak usia remaja adalah tantangan tersendiri bagi setiap orang tua. Banyak hal yang harus dilakukan dengan hati-hati karena jika tidak akan melukai mereka.

Di Perut Bayi 15 Bulan Ini Ada Janin 3,6 Kg
Bukanlah rahasia bahwa anak remaja masih berusaha menemukan jati diri sehingga mereka begitu sensitif terutama jika berhubungan dengan karakter dan imej mereka di depan teman-temannya. Tanpa disadari, orangtua sering melakukan hal yang membuat mereka merasa malu. 

Agar Hari Pertama Anak Masuk TK Berjalan Lancar
Jika dilakukan terus menerus, bisa jadi sang buah hati malah menjauhi Anda dan bukan tak mungkin Anda tak lagi menjadi teman baik kepercayaan mereka.

Untuk itu, ketahui beberapa ulah orangtua yang mampu membuat anak merasa malu seperti yang dilansir dari Times of India berikut ini.

Menggunakan gaya bahasa anak

Ketika Anda mencoba berbicara dengan anak menggunakan gaya bahasa yang biasa mereka gunakan bersama teman-temannya, Anda bukan terdengar keren, melainkan justru kuno. Apa lagi gaya bahasa remaja berubah-ubah setiap waktu.

Sok akrab dengan teman-temannya

Jangan pernah mencoba menceritakan lelucon hanya agar Anda akrab dengan teman-teman anak Anda. Mereka mungkin akan tertawa pada lelucon Anda karena mencoba untuk menjadi seseorang yang sopan. Terlalu sering melakukan hal ini akan membuat buah hati Anda merasa sangat malu di depan teman-temannya.

Mengunggah foto lama

Bukan hanya membuat anak merasa malu, mengunggah foto lama di saat mereka masih berpakaian dan bergaya seperti anak baik-baik yang penurut akan membuat mereka tidak merasa percaya diri di depan teman-teman mereka.

Memanjakan anak di depan publik

Jika Anda biasa memeluk dan mencium pipi anak di rumah, bukan berarti mereka ingin Anda melakukan hal-hal tadi di depan umum. Mereka ingin terlihat dewasa di mata orang lain dan bermanja-manja dengan orang tua akan membuat mereka terlihat kurang keren.

Berinteraksi di media sosial

Anda tinggal serumah dengan anak-anak Anda. Oleh karena itu tak perlu terlalu banyak berinteraksi di media sosial. Itu karena semua komentar Anda di profil mereka bisa dibaca oleh teman-temannya dan mempermalukan anak Anda sendiri.

Memaksa menemani mereka pergi dengan teman-temannya

Percayalah pada anak Anda. Tak perlu menemani mereka pergi dengan teman-temannya. Selama Anda tahu mereka pergi ke mana dan dengan siapa saja, Anda tak perlu cemas berlebihan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya