Tips Jitu Memasak Steak Lezat

Ilustrasi steak
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Cara Tepat Menyimpan dan Mengolah Rempah
- Memasak steak memang terlihat mudah dan sederhana. Tak percaya? Coba saja lihat para juru masak di televisi.

Ibu-ibu, Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder
Steak memang tak membutuhkan terlalu banyak bumbu. Bahkan steak yang dianggap lezat adalah yang hanya dibumbui dengan garam dan lada serta sedikit butter, bawang putih dan thyme.

Cara Mudah Bikin Blender dan Mikser Tahan Lama
Anda juga tak perlu menghabiskan waktu yang terlalu lama saat memasak steak. 

Nah, jika Anda ingin mengetahui cara memasak steak yang lezat, simak tipsnya seperti yang dilansir dari Daily Meal berikut ini.

Gunakan lemak

Menyantap makanan tinggi lemak memang kurang sehat. Tapi bukan berarti Anda tak bisa menggunakan sedikit lemak daging untuk memasak steak. Ketika Anda membeli strip atau rib eye untuk dibuat steak, kedua bagian daging itu memiliki lapisan lemak di bagian luar. 

Anda bisa memilih daging dengan lapisan lemak setebal 1/4 inci di sekitar daging. Lemak akan melindungi otot daging sehingga teksturnya tidak keras dan mengering saat dimasak.

Gunakan suhu tinggi

Memanaskan pemanggang atau wajan terlebih dahulu adalah salah satu langkah penting untuk menghasilkan steak yang sempurna. Ini akan membantu membentuk crust pada bagian luar daging, sedangkan bagian dalamnya matang dengan sempurna namun masih empuk dan juicy.

Jangan membolak-balik steak

Saat memasak steak, Anda harus mencatat berapa lama setiap sisi steak dimasak. Hindari membolak-balik steak karena crust tidak akan terbentuk dengan baik dan air yang terkandung di dalam daging juga terbuang sehingga steak menjadi kering dan alot.

Gunakan rempah

Jangan hanya menggunakan saus tomat, madu atau barbekyu untuk membumbui steak. Anda bisa menambah bumbu-bumbu rempah mulai dari origano, thyme, rosemary dan masih banyak lagi.

Diamkan steak setelah matang

Ini adalah langkah lain yang tak kalah penting. Setelah steak diangkat dari wajan atau alat panggang, diamkan terlebih dahulu di atas piring sebelum dinikmati setidaknya selama 10 menit. Jika tidak, air di dalamnya akan terbuang begitu saja ketika Anda mengiris steak.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya