Ayam Raksasa Ini Jadi Hidangan Mahal Restoran Mewah

Dong Tao Chicken
Sumber :
  • Amusing Planet

VIVA.co.id - Ayam langka di Vietnam, yang disebut Dong Tao, menjadi hewan paling berharga. Tak hanya karena ukurannya yang super besar, ayam ini juga memiliki daging yang lezat.

Tubuh ayam Dong Tao tak seperti ayam pada umumnya. Bisa dibilang, ayam ini seperti ayam raksasa karena memiliki kaki tebal tidak seperti unggas pada umumnya.

Tempat berkembang biak ayam ini adalah di endemik komune Dong Tao di Kabupaten Khoai Chau, sekitar 30 km dari Hanoi. Setelah dibesarkan secara eksklusif untuk melayani keluarga kerajaan dan Mandarin, ayam ini menjadi sangat langka.

7 Hewan Aneh Bisa Melakukan Hal yang Tidak Bisa Dipercaya

Maka tak heran, saat ini, ayam raksasa ini sangat dihargai oleh peternak. Bahkan dagingnya, sering disajikan di restoran mahal yang melayani orang kaya. Kakinya atau cekernya sendiri, kabarnya memiliki kelezatan luar biasa.

Seperti dilansir Amusing Planet, ayam Dong Tao memiliki sosok yang mengesankan, tubuh yang sehat dan kaki gemuk ditutupi dengan sisik kemerahan.

Seekor ayam Dong Tao jantan dewasa bisa memiliki berat hingga 6 kilogram dan mengembangkan kaki setebal pergelangan tangan manusia.

Ayam umumnya berwarna putih, tapi ayam Dong Tao memiliki bulu berwarna-warni.

Saat ini di Vietnam, jumlah permintaan terhadap ayam ini sangat tinggi, namun pasokannya hanya sedikit. Maka tak heran, ayam ini sangat mahal harganya. Sepasang ayam Dong Tao dapat dibanderol dengan harga fantastis US$ 2.500 setara Rp33 juta.

Ayam ini sangat sensitif terhadap perubahan cuaca dan cenderung bertelur lebih sedikit dari ayam normal. Kakinya yang besar membuat proses penetasan bahkan lebih sulit, sehingga peternak harus membantu ayam ini untuk menghasilkan anak.

Ayam yang baru lahir membutuhkan waktu delapan bulan sampai satu tahun untuk menjadi ayam dengan berat tiga sampai lima kilogram. (ren)

7 Kebiasaan Unik Orang Rusia yang Membuat Wisatawan Bingung
Suku di Ethiopia

7 Suku yang Memiliki Tradisi Unik dan Aneh di Dunia, Bisa Pinjam Istri

Beberapa suku yang memiliki tradisi unik dan aneh di dunia yang mungkin jarang diketahui oleh kamu karena sudah hidup di dunia modern.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022